Ibu Hamil Gemar Makan Kacang Hijau, Khasiatnya Bantu Perkembangan Otak Janin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi kacang hijau. Pixabay.com/PDPics

Ilustrasi kacang hijau. Pixabay.com/PDPics

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kacang hijau salah satu makanan populer yang dikonsumsi ibu hamil. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil didapatkan dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, terutama folat. Nutrisi ini dapat mencegah berbagai komplikasi kehamilan dan mendukung perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan.

Selain itu, kandungan kacang hijau lainnya seperti protein, serat, dan vitamin, bisa memberikan manfaat untuk ibu hamil berupa asupan antioksidan hingga melancarkan pencernaan. Berikut ini beragam manfaat kacang hijau untuk ibu hamil 

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

1. Mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil bisa didapatkan dari kandungan vitamin B9 atau folatnya yang begitu tinggi. Folat merupakan nutrisi yang berperan besar dalam mencegah terjadi spina bifida atau kelainan tulang belakang dan sumsum tulang belakang yang tidak terbentuk sempurna sehingga membuat anak lahir dalam kondisi cacat.Folat juga akan menurunkan risiko bayi mengalami bibir sumbing dan kelainan pertumbuhan lainnya.

2. Membantu perkembangan otak janin

Folat yang ada di dalam kacang hijau juga sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Apabila ibu kekurangan folat, bayi berisiko terlahir dengan kondisi anencephaly, yang membuat bagian-bagian penting dari otak, tidak terbentuk dengan sempurna.

3. Mencegah kelahiran prematur

Manfaat kacang hijau bagi ibu hamil selanjutnya adalah mengurangi risiko bayi lahir prematur. Manfaat ini didapatkan dari kandungan zat besi di dalamnya yang cukup tinggi.Ibu hamil rentan mengalami anemia, karena kebutuhan zat besinya meningkat cukup banyak.Saat ibu hamil kekurangan darah, maka kondisi tersebut harus segera diatasi. Sebab, anemia pada ibu hamil bisa memicu bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah.

4. Mendukung perkembangan bayi di dalam kandungan

Kacang hijau juga bisa menjadi sumber protein yang baik untuk ibu hamil. Protein sangat dibutuhkan selama masa kehamilan, karena berperan penting dalam perkembangan jaringan janin, termasuk jaringan otak.Protein juga akan membantu pertumbuhan jaringan rahim dan payudara pada ibu hamil, sehingga bisa menyesuaikan kondisi kehamilan. Terakhir, nutrisi ini juga dapat meningkatkan suplai darah di tubuh.

5. Mencegah penyakit kronis pada ibu hamil

Antioksidan yang terdapat pada kacang hijau dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti gangguan jantung, diabetes, dan kadar kolesterol tinggi. Pada ibu hamil, ketiga kondisi tersebut bisa berpengaruh pada kondisi janin.Sebagai contoh, ibu hamil yang mengalami diabetes saat hamil atau diabetes gestasional, berisiko lebih tinggi melahirkan bayi dengan berat badan sangat berlebihan. Kondisi ini membuat bayi rentan terkena berbagai gangguan kesehatan.

6. Baik untuk mengurangi tekanan darah

Selama hamil, ibu perlu menjaga tekanan darah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi kacang hijau. Kacang hijau mengandung kalium, magnesium, dan serat yang merupakan nutrisi penting untuk mencegah hipertensi.Tekanan darah tinggi pada ibu hamil bisa sangat berbahaya bagi ibu maupun janin yang dikandungnya. Kondisi ini berisiko menimbulkan eklampsia, yang dapat memicu kejang pada ibu hamil.

7. Menyehatkan saluran pencernaan

Kandungan serat yang ada di dalam kacang hijau akan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Manfaat ini sangat berguna untuk ibu hamil. Sebab saat mengandung, akan ada banyak gangguan pencernaan yang terjadi, mulai dari konstipasi atau sembelit, kembung, hingga sering buang air kecil.Setelah melihat berbagai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil di atas, Anda tentu tidak ragu lagi untuk menambahkan asupan yang satu ini ke dalam menu harian.Namun ingat, saat ingin mengolah kacang hijau, perhatikan juga cara masak dan bahan-bahan pelengkapnya. Sebisa mungkin hindari memasak kacang hijau dengan terlalu banyak gula, minyak, atau bahan-bahan yang bisa memicu gangguan kesehatan lainnya.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."