Perempuan dengan Diabetes Tipe 2 Berisiko Idap Penyakit Kardiovaskular, Menurut Studi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi diabetes. Freepik.com

Ilustrasi diabetes. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda, jika perempuan dengan diabetes tipe 2 lebih mungkin mengembangkan komplikasi kardiovaskular. Perempuan dengan Diabetes Tipe 2, 12 Persen Mungkin Mengembangkan Penyakit Jantung Ketimbang Pria

Berdasarkan penelitian, perempuan dengan diabetes tipe 2 lebih mungkin mengembangkan komplikasi kardiovaskular (penyakit jantung) daripada pria yang memiliki kondisi yang sama. 

Temuan studi ini dipresentasikan pada Diabetes UK Professional Conference (DUKPC) 2023 baru-baru ini, sebagaimana dinyatakan oleh komunitas diabetes global diabetes.co.uk, wanita dengan diabetes tipe 2, 20 persen lebih berisiko mengalami komplikasi jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kondisi diabetes.

Diketahui, penyakit jantung menjadi salah satu penyebab utama kematian bagi mereka yang menderita diabetes. Perempuan dengan diabetes memiliki risiko dua kali lipat dan lebih mungkin mengalami serangan jantung lebih awal serta berakibat fatal. Mengapa demikian?  

Mengutip dari Times of India, setidaknya ada dua alasan mengapa perempuan dengan diabetes lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung ketimbang pria. 

1. Berat Badan

Para wanita yang memiliki diabetes tipe 2 lebih cenderung mengalami obesitas, hipertensi, dan memiliki kolesterol tinggi dibandingkan dengan pria dengan diabetes tipe 2. 

2. Disparitas dalam Perawatan Medis

Ketimpangan akses terhadap pengobatan medis menjadi salah satu alasan yang membuat perempuan lebih rentan terhadap komplikasi yang mengancam jiwa ini dibandingkan laki-laki. Perempuan dengan diabetes tipe 2 cenderung tidak diresepkan obat penurun lipid dan penghambat enzim pengubah angiotensin, terutama jika mereka memiliki penyakit kardiovaskular.  

Sesuai American Heart Association, perempuan cenderung tidak dirawat secara akut karena masalah jantung dan banyak perempuan bahkan tidak direkomendasikan untuk prosedur jantung. 

Pilihan Editor:  Bayi Prematur Berisiko Terkena Diabetes Tipe 2, Perhatikan Gaya Hidup

RINDI ARISKA | DWI ARJANTO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."