9 Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu hamil berpikir. shutterstock.com

Ilustrasi ibu hamil berpikir. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang suka minum air kelapa saat cuaca panas melanda? Ternyata air kelapa tak hanya menyegarkan, tapi juga membawa banyak manfaat kesehatan bagi ibu hamil. Tidak hanya mengatasi cairan yang hilang karena mual dan muntah, ada segudang manfaat air kelapa untuk ibu hamil lainnya yang perlu Anda ketahui.

Air kelapa merupakan minuman alami yang kaya gizi. Minuman ini mengandung elektrolit, klorida, kalium, dan magnesium yang tinggi. Selain itu, air kelapa juga mengandung gula, natrium, dan protein. Air kelapa juga dikenal sebagai sumber serat makanan, mangan, kalsium, riboflavin, dan vitamin C yang baik. Satu cangkir air kelapa memiliki nutrisi kasium 6 persen, gula 6,26 gram, serat makanan 2,6 gram, karbohidrat 8,9 gram, kalium 600 mg, sodium 252 mg, dan kalori 46.

Tapi ingat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Anda dapat minum air kelapa kapan saja, namun waktu terbaik yang disarankan adalah di pagi hari. Sebab, elektrolit dan gizi yang terkandung di dalam air kelapa bisa dengan mudah diserap ketika perut kosong.

Meski air kelapa memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, jangan pernah membuat air kelapa sebagai minuman utama karena air putih tetap yang paling sehat. Terlalu banyak minum air kelapa bisa mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan menyebabkan komplikasi. Agar nutrisinya tidak berkurang, air kelapa harus diminum sesaat setelah dibuka karena masih segar. Kandungan nutrisi yang baik dalam air kelapa membuatnya memiliki beragam manfaat.

Berikut ini manfaat air kelapa untuk ibu hamil

1. Diuretik alami
Air kelapa dapat membantu membuang racun dan membersihkan saluran kemih karena bersifat diuretik. Sifat diuretik pada air kelapa mampu meningkatkan keinginan buang air kecil karena kandungan potasium, magnesium, dan mineral yang ada. Oleh sebab itu, hal ini juga bisa meningkatkan fungsi ginjal, mencegah batu ginjal, dan mencegah infeksi saluran kemih sehingga menurunkan risiko persalinan prematur.

2. Mengobati infeksi

Air kelapa kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta memberikan perlawanan terhadap infeksi. Asam larut dalam air kelapa mampu membunuh bakteri berbahaya atau infeksi, seperti halnya flu. Selain itu, air kelapa juga dapat mempertahankan bakteri baik.

3. Memasok elektrolit esensial yang bermanfaat untuk tubuh
Selama kehamilan, kebutuhan akan elektrolit meningkat karena kondisi tertentu, seperti mual di pagi hari, muntah, dan diare yang mendehidrasi tubuh.

Air kelapa dapat memasok lima elektrolit esensial, yaitu fosfor, mineral, natrium, kalium, dan kalsium untuk menenangkan tubuh dan memberi energi. Seluruh elektrolit ini akan mengirimkan muatan listrik dalam tubuh sehingga membantu fungsi otot. Selain itu, air kelapa membantu menjaga tingkat pH tubuh dan mengontrol tekanan darah. Elektrolit air kelapa juga memiliki sifat pendingin yang dapat menangkal demam.

4. Meringankan mulas dan sembelit
Terjadinya perubahan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan beberapa gangguan pencernaan, seperti mulas dan sembelit. Namun, kandungan serat makanan yang kaya dalam air kelapa bisa memperkuat sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan pencernaan, mengatur tingkat pH, dan mencegah sembelit.

Air kelapa dianggap sebagai pencahar yang sangat baik karena dapat meningkatkan metabolisme dan mendetoks tubuh. Selain itu, air kelapa juga merupakan penetral asam alami sehingga bisa mencegah mulas.

Ilustrasi air kelapa. shutterstock.com

5. Mempertahankan berat badan yang sehat
Kehamilan bisa menambah berat badan Anda secara berlebih. Namun, air kelapa bisa mencegah penumpukan lemak dengan menghilangkan kolesterol. Selain itu, air kelapa juga bebas lemak dan rendah kalori sehingga Anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat. Ini juga merupakan cairan yang baik sehingga bisa membantu ibu dan janin yang sedang tumbuh menjadi sehat dan bugar.

6. Menjaga tekanan darah
Tingkat elektrolit yang rendah dalam tubuh bisa memicu tekanan darah tinggi. Minum air kelapa akan membantu meningkatkan kadar potasium, magnesium, dan asam larut yang membantu mengatur tekanan darah. Air kelapa dapat meningkatkan kolesterol baik dan memerangi kolesterol jahat. Vitamin, protein, dan elektrolit dalam air kelapa juga bisa mengontrol kadar gula, tingkat tekanan darah, serta meningkatkan sirkulasi.

Pada trimester akhir kehamilan, rasa tegang mendekati waktu persalinan sering muncul sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Minum segelas air kelapa setiap hari pada trimester akhir kehamilan untuk membantu menjaga tekanan darah Anda.

7. Mencegah dehidrasi
Air kelapa dapat menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, terutama karena morning sickness atau saat cuaca sedang panas. Selain itu, air kelapa juga bisa mengurangi kelelahan dengan mengisi kembali garam alami yang hilang saat tubuh berkeringat. Ketika tubuh terhidrasi, elastisitas kulit akan meningkat sehingga membatasi berkembangnya stretchmark selama kehamilan.

8. Meningkatkan cairan ketuban
Air kelapa yang diminum pada trimester ketiga kehamilan mampu meningkatkan kadar cairan ketuban. Selain itu, minum air kelapa juga bisa meningkatkan kesehatan janin yang sedang tumbuh.

9. Mencegah diabetes gestasional
Asupan gula yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah secara keseluruhan dalam tubuh. Namun, air kelapa memiliki kandungan gula yang lebih rendah daripada minuman berenergi lainnya sehingga bisa menurunkan risiko diabetes gestasional.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."