Pentingnya Mengajarkan Rasa Bersyukur pada Anak, Baik untuk Kesehatan Mental dan Fisik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu sedang berbincang dengan putrinya. Foto: Pixabay.com/Iqbal Nuril Anwar

Ilustrasi ibu sedang berbincang dengan putrinya. Foto: Pixabay.com/Iqbal Nuril Anwar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seberapa penting mengajarkan rasa bersyukur pada anak sedari dini? Jawabannya penting. Sebab hal itu berdampak positif untuk perkembangan mental dan fisiknya. Bersyukur membantu anak-anak mengembangkan pandangan hidup yang positif, menumbuhkan rasa puas dengan apa yang mereka sudah miliki daripada terus-menerus berharap lebih. Rasa syukur juga dapat mengarah pada ketahanan yang lebih besar dalam menghadapi tantangan dan kesulitan, serta peningkatan empati dan kasih sayang untuk orang lain.

Aakriti Sethi, Pelatih Kesejahteraan Emosional, At Inner Verse Wellness berkata, “Syukur membantu dalam membangun pandangan positif terhadap kehidupan, yang penting untuk kesejahteraan mental. Dengan berfokus pada hal-hal baik dalam hidup, anak-anak dapat menjadi lebih tangguh dan lebih siap menghadapi tantangan. Mereka cenderung memiliki sikap positif terhadap teman sebaya, keluarga, dan dunia di sekitar mereka,” ujar Aakriti Sethi, Pelatih Kesejahteraan Emosional, di Inner Verse Wellness, India, dikutip dari Times of India, Senin, 1 Mei 2023.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa rasa syukur dapat berdampak positif pada kesehatan fisik, seperti tidur yang lebih nyenyak dan penurunan tingkat stres. Itu juga dapat meningkatkan hubungan dengan mempromosikan perasaan penghargaan dan kemurahan hati terhadap orang lain.

Orang tua dapat mendorong anak-anak mereka untuk mempraktikkan rasa syukur dengan beberapa cara, seperti membuat jurnal rasa syukur, mendorong catatan terima kasih, atau sekadar mencontohkan perilaku bersyukur itu sendiri. Anak-anak belajar dengan contoh. Oleh karena itu, orang tua harus berbicara dengan sopan dan sering menghargai anak-anak mereka.

Dengan menumbuhkan sikap syukur pada anak, orang tua dapat membantu mereka mengembangkan pola pikir positif, meningkatkan keterampilan sosial, dan menumbuhkan empati terhadap orang lain. Ini adalah keterampilan hidup yang berharga yang akan bermanfaat bagi anak-anak di semua bidang kehidupan mereka, baik sekarang maupun di masa depan.

Ada banyak cara rasa bersyukur pada anak, seperti mendorong mereka untuk mengungkapkan penghargaan terhadap orang dan benda dalam hidup mereka, mencontohkan rasa syukur dalam perilaku Anda sendiri, dan menciptakan kesempatan bagi mereka untuk memberi kembali kepada komunitas mereka. Dengan melakukannya, Anda dapat membantu anak-anak Anda mengembangkan kebiasaan bersyukur yang akan bermanfaat bagi mereka sepanjang hidup mereka.

Pilihan Editor: 8 Cara Mengajarkan Anak Bersyukur, Coba Pakai Toples Terima Kasih

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."