Jalan Kaki atau Lari, Mana Lebih Baik?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com

Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com

IKLAN

Untuk Pemulihan:Jalan Kaki

Pelatih mana pun akan memberi tahu Anda bahwa jalan kaki adalah pilihan yang bagus ketika Anda ingin bersantai sambil tetap melakukan beberapa gerakan. "Jalan kaki adalah bentuk pemulihan aktif yang bagus," kata Magato. Plus, jalan kaki adalah cara yang bagus untuk meningkatkan jarak tempuh Anda secara keseluruhan, terutama jika Anda rentan terhadap cedera.

Untuk Mekanik Tubuh: Lari

Saat Anda berjalan-jalan, tubuh Anda cenderung tetap pada posisi yang sama sepanjang waktu, sedangkan dengan berlari, Anda mengubah banyak hal saat Anda bergerak dengan kecepatan dan kemiringan yang berbeda.

"Ada gunanya menempatkan tubuh Anda pada posisi yang sedikit berbeda itu," kata Stonehouse.

Menahan bahu Anda saat Anda berlari memiliki dampak menguntungkan pada kekuatan inti dan postur tubuh Anda, yang berguna lama setelah Anda mencapai garis akhir.

Ilustrasi laki-laki dan wanita berlari bersama. shutterstock.com

Untuk Umur Panjang: Berlari atau Berjalan

Para peneliti telah menemukan bahwa berlari dan berjalan secara teratur dapat berdampak signifikan pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Sebuah studi tahun 2003 pada 33.000 pelari dan 16.000 pejalan kaki menemukan bahwa selama enam tahun, kedua aktivitas tersebut menyebabkan penurunan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan penyakit jantung yang serupa.

Selain itu, kedua aktivitas tersebut menawarkan jenis manfaat yang sama untuk kesehatan mental Anda. "Menjadi aktif meningkatkan kualitas hidup, dan berlari serta berjalan dapat membantu meningkatkan mood Anda, membangun kepercayaan diri, dan membantu Anda mengatasi stres," kata Magato.

Jadi, mana yang harus Anda pilih? "Berlari dan berjalan memiliki manfaatnya, dan keduanya dapat dimasukkan dalam rencana kebugaran yang sama," kata Stonehouse. "Yang terbaik sangat bergantung pada apa yang Anda suka dan akan Anda lakukan secara konsisten."

Jika Anda suka berlari, bagus! Anda dapat melakukannya kapan pun Anda mau. Tetapi jika jalan kaki yang bagus dan jauh lebih cepat? Juga bagus! Kedua modalitas memiliki tempatnya masing-masing dalam rutinitas kebugaran apa pun. Ini semua tentang mencari tahu apa yang cocok untuk Anda berdasarkan tujuan Anda, dan mana yang akan membuat Anda terus bergerak.

Pilihan Editor: Tips Lari untuk Pemula, Jangan Lupakan Pemanasan Dinamis 7-10 Menit

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."