Gaya Parenting ala Paula Verhoeven; Role Model, Komunikasi, dan Hindari Kata Jangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Paula Verhoeven/Foto: Instagram/Paula Verhoeven

Paula Verhoeven/Foto: Instagram/Paula Verhoeven

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasangan selebriti, Paula Verhoeven dan Baim Wong menikah pada tahun 2018 dan telah dikaruniai dua orang anak yang bernama Kiano dan Kenzo yang berjenis kelamin laki-laki. Paula Verhoeven membagikan cerita bagaimana repotnya ia mengasuh anak yang dua-duanya sangat manja kepada ibunya. 

Dalam podcast bersama dua saudari Shireen dan Zaskia Sungkar ini, Paula membagikan gaya parenting saat mengurus kedua buah hatinya agar tetap terkendali. Anak keduanya, yang bernama Kenzo sangat akrab dengan dirinya, sehingga seringkali tak ingin ia tinggal. Anak pertamanya pun, Kiano, ketika tak ada sang suami yang menemaninya, sang buah hatipun tak ingin lepas dari sang ibu.

Lantas, apa yang Paula lakukan agar semua tetap terkendali? "Paula memberlakukan sistem reward, agar anak nurut. Misalnya, hari ini dikasih reward cokelat," ungkap Paula.

Paula pun membagikan, anak adalah pencontoh atau role model yang baik. Maksudnya adalah, ketika kita berbuat salah kepada anak, jangan malu, gengsi, atau sungkan untuk meminta maaf kepada anak. Kalau diri kita sebagai orang tua tak pernah memberi contoh permintaan maaf, maka anak pun tak akan belajar bagaimana cara untuk meminta maaf. 

Paula pun berkata bahwa komunikasi dengan sang suami merupakan tindakan yang sama pentingnya dalam hal menurus anak. Terkadang istri dan suami tak satu suara, ada kalanya larangan yang dibuat oleh salah satu pihak, diperbolehkan oleh pihak yang lain. 

Salah satu contohnya adalah, ketika Paula memberikan larangan kepada sang anak yaitu tidak boleh makan cokelat, misalnya karena sedang mengalami batuk. Namun, sang suami malah memperbolehkan sang anak memakan coklat tersebut, oleh karena itu, jika sudah seperti itu maka yang dilakukan Paula adalah mengalah. Ketika sang anak menginginkan coklat, ia akan memberinya walaupun sedikit, agar anak tak bingung.

Paula juga tak memberlakukan kata "jangan" kepada sang anak, melainkan memberi sang anak pengertian. Ketika Kiano, buah hati pertama Paula yang tak ingin pergi ke Sekolah, Paula pun pelan-pelan memberinya pengertian, bahwa kewajiban Kiano itu bersekolah. Nanti, habis pulang sekolah bisa main lagi. 

Ketika komunikasi dengan anak ini sudah sulit, Paula pun akan meminta bantuan dengan sang suami untuk ikut memberi tahu mana yang benar dan yang salah kepada anak, "karena kan papanya yang (lebih) di dengar gitu kan, karena disiplin itu harus dibangun sejak kecil," ucap Paula.

Pilihan Editor: 4 Tahun Pernikahan dengan Baim Wong, Paula Verhoeven: Still Going Strong

WIDYA FITRIANIGSIH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."