5 Cara Memperkuat Bonding dengan Anak, Memeluk Hangat hingga Makan Bersama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu memeluk anak. Foto: Freepik.com/pch.vector

Ilustrasi ibu memeluk anak. Foto: Freepik.com/pch.vector

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua menginginkan ikatan atau bonding yang kuat dengan buah hati. Tak hanya dihormati, orang tua juga mendambakan menjadi sahabat bagi anak mereka. Termasuk Anda? Untuk memperkuat bonding dengan anak, ada sejumlah cara sederhana yang bisa diterapkan. Kuncinya jangan abai dengan setiap momen yang dijalani anak

1. Melakukan Pekerjaan Rumah Bersama

"Ini bisa mencakup sesuatu yang sederhana seperti menanam bibit pohon, menyiapkan makanan, menata meja, atau mengupas sayuran," kata Devina Kaur, penulis buku Too Fat Too Loud Too Ambitious dikutip dari Times of India, Rabu, 12 April 2023.

Hal itu akan memberi mereka ruang untuk belajar dan menyalurkan emosi mereka dengan cara terbaik. Yang paling penting, ini akan membantu Anda dan anak istirahat sejenak dari gawai.

2. Makan Bersama

Makan bersama keluarga merupakan kesempatan yang sangat baik untuk berinteraksi dan mempererat hubungan dengan anak. Untuk menikmati waktu makan bersama mereka, doronglah semua orang untuk ikut berpartisipasi. "Orang tua juga harus menggunakan waktu makan untuk mengajarkan anak-anak pentingnya makan makanan yang sehat dan seimbang," ucap Kaur

3. Bermain dengan Mereka

Tingkat kesulitan memilih aktivitas yang dapat dilakukan bersama anak tergantung pada usia dan minat mereka. Ingatlah bahwa menghabiskan waktu bersama adalah tujuan utama. Meskipun kamu tak menyukai aktivitas yang dipilih oleh anakmu, mencobanya akan menunjukkan perhatian dan keterlibatan kamu terhadapnya.

Kita akan belajar lebih banyak tentang kepribadian anak apabila kita mau mencoba memahami mengapa mereka menikmati kegiatan yang mereka lakukan. Berbagi tawa saat mencoba sesuatu yang baru adalah cara yang bagus untuk memperkuat hubungan.

4. Kenali Emosi Anak

Kita semua secara teratur mendengarkan anak-anak kita. Mendengarkan mereka lebih dalam dan benar-benar dapat membantu dalam menjalin hubungan dengan anak-anak. Pahami situasi dari sudut pandang anak kecil sebagai orang tua.

Cobalah untuk mengetahui emosi anak dan yakinkan mereka bahwa kamu siap untuk mendengarkan tanpa menghakimi.

5. Sentuhan Penuh Kasih

Setiap tahap kehidupan kita membutuhkan kontak manusia dan kasih sayang yang tulus untuk perkembangan emosi yang sehat. Sangat penting bagi orang tua untuk memberikan sentuhan penuh kasih kepada anak seperti pelukan. Setiap kesempatan untuk terhubung dengan anak kita harus dimanfaatkan.

Pilihan Editor: Untuk Orang Tua, Berikut 6 Kebiasaan Baik dalam Mengasuh Anak

WIDYA FITRIANINGSIH | TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."