Menu Sahur Simpel dan Sehat ala Dian Pelangi, Bisa Sekalian jadi Tips Diet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Desainer modest fashion Dian Pelangi/Foto: Instagram/Dian Pelangi

Desainer modest fashion Dian Pelangi/Foto: Instagram/Dian Pelangi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lama tidak eksis di jagat industri fashion, desainer modest Dian Pelangi sedang asyik fokus bersama keluarga. Begitu pula di momen Ramadan, ibu satu anak ini terjun langsung menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa untuk suami tercinta, Sandy Nasution. Ia mengaku tidak terlalu repot dalam menyiapkan menu sahur, sebab sedang melakukan diet bersama. 

"Jadi kebetulan aku sama suami lagi diet, jadi kalau sahur khusus pakai air nabeez atau rendaman kurma," ucap Dian yang mengaku turun berat badan sampai 2 kilogram selama berpuasa. 

Dian menjelaskan air nabeez ialah rendaman kurma sebanyak angka ganjil lalu diminum sebagai menu sahur sehingga tidak makan berat lagi. "Kami hanya sahur pakai air nabeez, misal 3,5 atau 7. Buatnya malam hari sebelum sahur lalu taruh di kulkas dan dikonsumsi saat sahur," papar Dian saat ditemui Cantika di Jakarta, Jumat, 31 Maret 2023. 

Sementara untuk berbuka puasa, biasanya Dian memasak nasi merah dan menyiapkan makanan penutup berupa salad buah seperti mangga untuk menghindari kalori berlebihan. "Kalau di aku bisa ngefek banget ya, hanya sahur pakai air nabeez dan mengurangi makanan berat saat buka puasa. Alhamdulillah kuat sampai berbuka puasa," ucap perempuan kelahiran 14 Januari 1991 ini. 

Apa itu Air Nabeez 

Ilustrasi kurma. Freepik.com

Nabeez [juga dikenal sebagai Nabidh] adalah minuman yang diberkati yang dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW pada masanya. Itu dianggap sebagai salah satu minuman favoritnya yang terdiri dari kurma atau kismis, dan Air.

Nabeez atau Nabidah adalah tonik Alkalizing, membantu menyembuhkan keasaman lambung serta sistem pencernaan dan mampu membuang sisa metabolisme lainnya dari tubuh seseorang. Selain itu, meningkatkan pencernaan karena serat larut tinggi dan membuat memori kuat. 

Bagaimana cara membuat Nabeez?

Bahan:

Kurma dalam jumlah ganjil
Air putih  secukupnya
Madu (opsional)

Cara membuat:

1. Rendam kurma semalaman dalam wadah kemasan. Jika bukan kurma, maka Anda cukup merendam kismis sebagai pengganti Kurma juga.
2. Buang biji kurma atau kismis, haluskan dengan air. Anda bisa menambahkan madu, tetapi itu sepenuhnya opsional.
3. Saring dan sajikan.

Air nabeez adalah minuman yang ideal untuk Ramadhan, terutama di Sahur karena dapat membantu orang menjaga energi mereka selama puasa sepanjang hari.

Pilihan Editor: Gaya Fashion Dian Pelangi saat di Paris, Nuansa Warna Terang dan Playful

THE ISLAMIC INFORMATION

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."