8 Cara Mengatasi Persaingan Kakak Adik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak-anak/kakak-adik. Shutterstock.com

Ilustrasi anak-anak/kakak-adik. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjadi orang tua dari lebih dari satu anak, penting untuk membina dan mendorong hubungan saudara kandung yang positif untuk menjauhkan kecenderungan persaingan kakak adik. Anak-anak dapat mulai menumbuhkan kecemburuan atau kebencian terhadap saudara mereka yang lain ketika orang tua lebih memperhatikan satu anak daripada yang lain. Namun, sebagai orang tua, kita harus sebisa mungkin menjauhkan persaingan dan melakukan bagian kita menciptakan hubungan kakak adik yang saling perhatian, cinta, serta menghormati satu sama lain.

Menyikapi hal tersebut, psikolog Jazmine McCoy membagikan cara mengatasi persaingan kakak adik untuk memastikan bahwa mereka memiliki masa kecil yang sehat dan kenangan indah untuk mengingat tahun-tahun awal mereka.

1. Bikin Jadwal

Menjadi orang tua dan sama-sama memperhatikan kedua anak bisa jadi lebih rumit daripada kedengarannya. Oleh karena itu, perlu menjadwalkan dan membagi waktu untuk berinteraksi satu lawan satu dengan setiap anak dan menghabiskan waktu bersama mereka.

2. Bicara Positif

Orang tua perlu selalu berbicara positif tentang satu anak ke anak lainnya dan membantu mereka memahami satu sama lain, serta terhubung dengan saudara mereka di tingkat yang lebih dalam.

3. Hindari Memaksa

Orang tua harus, setiap saat, menghindari memaksa mereka untuk berbagi sesuatu. Sebaliknya, kita dapat bergiliran dan mendorong mereka untuk melakukan sesuatu secara individu.

4. Perhatikan Detail

Penting untuk mengawasi mereka dan memperhatikan hal-hal kecil yang mereka lakukan satu sama lain, seperti berbagi hal dan bersikap baik satu sama lain. Dalam kasus seperti itu, orang tua harus mengemukakannya dan memuji atas perilaku mereka. Ini akan mendorong mereka lebih jauh untuk berbagi hubungan yang positif.

5. Toleransi

Kepada anak yang lebih tua, penting untuk menjelaskan mengapa adiknya berperilaku dengan cara tertentu dan apa yang dia coba atasi melalui tindakannya. Begitu pula sebaliknya, berikan pemahaman dasar bagaimana si kakak kepada adiknya.

6. Jangan Membandingkan

Penting untuk tidak pernah membandingkan mereka satu sama lain. Hal ini selanjutnya akan menimbulkan kecemburuan, keegoisan, dan rasa dendam.

7. Ruang

Penting untuk mengajari mereka gagasan tentang ruang dan batas sejak usia dini. Agar mereka saling menghormati ruang privasi masing-masing.

8. Konflik

Jika terjadi konflik di antara mereka, penting untuk mengajari mereka cara menyelesaikan berbagai hal, daripada langsung mengendalikannya.

Pilihan Editor: Kiat Menyiapkan Anak Beradaptasi dengan Adiknya yang Baru Lahir

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."