Hormon Tidak Seimbang pada Wanita: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita. Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi wanita. Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hormon adalah zat kimia yang diproduksi oleh kelenjar dalam sistem endokrin dan berperan penting dalam tubuh manusia dan mengatur banyak fungsi dalam tubuh seperti pola tidur, kenaikan berat badan, penurunan berat badan, kecemasan, tingkat energi, gairah seks, keteraturan menstruasi. Ketidakseimbangan hormon dapat terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon. Kondisi tersebut dapat terjadi pada wanita dan pria. Kali ini, kita mengulik soal hormon tidak seimbang pada wanita, mulai dari gejala, penyebab dan cara mengatasinya.

Wanita dapat mengalami ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Mayoritas wanita menderita ketidakseimbangan hormon, meskipun tidak semua ketidakseimbangan mengakibatkan gejala yang serius. 

Gejala Umum Hormon Tidak Seimbang

Gejala ketidakseimbangan hormon antara lain adalah kecemasan, kesulitan menurunkan berat badan, sakit kepala, dan migrain. Insomnia, perubahan kulit dan rambut, gairah seks yang rendah, kelemahan otot, nyeri sendi, bengkak pada wajah, dan masalah pencernaan juga termasuk ciri hormon tidak seimbang. 

Baca juga: 3 Penyebab Penebalan Dinding Rahim, Termasuk Hormon

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."