Hormon Tidak Seimbang pada Wanita: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita. Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi wanita. Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

Kaitan Hormon Tidak Sembang Memengaruhi Sistem Reproduksi Wanita

Peningkatan hormon estrogen yang terus-menerus dan penurunan progesteron dapat menyebabkan PCOS, siklus menstruasi yang tertunda, penambahan berat badan, jerawat, infertilitas, dan depresi.

Hormon lain yang penting untuk diuji pada wanita yang sedang mencoba untuk hamil adalah hormon anti mullerian, AMH. Hormon ini memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai potensi kesuburan seorang wanita. AMH yang rendah berarti berkurangnya peluang pembuahan karena berkurangnya ketersediaan sel telur pada wanita.

"Sering kali siklus menstruasi menjadi lebih pendek, dan wanita mungkin merasakan berkurangnya aliran darah. Gejala-gejala tersebut memerlukan pemeriksaan untuk menyingkirkan AMH yang rendah yang dapat menyebabkan menopause dini. Berbicara dengan spesialis kesuburan dapat memandu wanita tentang pilihan pengobatan yang tepat," ucap Dr. Chaudhary. 

Cara Mengatasi Hormon Tidak Seimbang

1. Meningkatkan kesehatan usus. Sertakan probiotik seperti yogurt, buttermilk, kanji, kimchi, paneer, susu kedelai dalam menu makanan.

2. Minum 2 liter air setiap hari.

3. Jauhi makanan olahan dan gula.

4. Lebih memilih makanan nabati dan makanan yang kaya serat.

5. Berolahraga setiap hari. Rutinitas olahraga setiap hari dapat meningkatkan pergerakan usus dan membantu membuang racun. Hal ini membantu menjaga berat badan dan tingkat metabolisme basal yang tepat.

6. Menahan diri dari alkohol dan berhenti merokok.

7. Tidur yang cukup memastikan hormon bekerja dengan baik.

8. Berlatih meditasi untuk mencegah stres.

9. Minum antibiotik hanya jika benar-benar diperlukan. Antibiotik dapat membuat flora usus menjadi tidak seimbang. Ikuti kegiatan kreatif dan berjemurlah di bawah sinar matahari. 
 

Pilihan Editor: 11 Makanan Penyeimbang Hormon, Ada Alpukat hingga Kentang

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."