Penyabab Pendarahan Saat Hamil yang Perlu Kamu Ketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu hamil. shutterstock.com

Ilustrasi ibu hamil. shutterstock.com

IKLAN

Penyebab Pendarahan Trimester Kedua dan Ketiga

Pendarahan selama trimester kedua dan ketiga kehamilan lebih cenderung menjadi perhatian.

1. Plasenta Previa

Ini adalah kondisi di mana plasenta menempati bagian bawah rahim. Dalam skenario seperti itu, wanita hamil mungkin mengalami pendarahan tanpa rasa sakit, yang memerlukan intervensi segera dari dokter.

2. Solusio Plasenta

Kondisi ini terjadi saat plasenta mulai terpisah dari lapisan rahim sebelum melahirkan. Pendarahan yang terkait dengannya terjadi dengan nyeri dan kontraksi perut atau punggung yang parah. Ini bisa berbahaya bagi ibu dan bayinya.

3. Vasa Previa

Vasa Previa adalah suatu kondisi di mana pembuluh darah melintasi pembukaan jalan lahir. Ini bisa berbahaya bagi bayi karena kekurangan oksigen.

4. Kehamilan Molar

Ini adalah kasus yang jarang terjadi ketika jaringan bukannya bayi tumbuh di dalam rahim. Wanita tersebut mengalami gejala seperti muntah, mual yang parah, dan pembesaran rahim yang cepat. Satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan pasien adalah dengan mengevakuasi jaringan.

5. Plasentasi Invasif

Itu terjadi ketika plasenta tertanam terlalu dalam di dalam rahim, menyerang miometrium, jaringan otot polos rahim. Ini adalah penyebab signifikan dari pendarahan postpartum.

6. Pecahnya Rahim

Kondisi ini terjadi ketika dinding rahim pecah. Ini sangat jarang dan hanya mempengaruhi 0,03-0,08% pasien.

Beberapa alasan tidak berbahaya, sementara yang lain bisa berakibat fatal. Dr Shetty berkata, “Jika terjadi pendarahan berat pada trimester terakhir Anda, maka inilah saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter tanpa penundaan. Ini bisa menunjukkan sesuatu yang serius. Jadi, waspadalah dan segera cari bantuan. ”

Sebagai penutup, dia berkata, “Pengobatan pendarahan saat hamil bervariasi sesuai dengan masa kehamilan, dan kesehatan ibu serta bayi. Dokter akan menyarankan ibu hamil untuk menghindari berhubungan intim dan bepergian." ibu hamil juga diminta istirahat total dan kadang-kadang rawat inap juga diperlukan.

Pilihan Editor: Sebab Lepas IUD Bisa Terjadi Pendarahan

THE INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."