Penyabab Pendarahan Saat Hamil yang Perlu Kamu Ketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu hamil. shutterstock.com

Ilustrasi ibu hamil. shutterstock.com

IKLAN

Penyebab Pendarahan di Trimester Pertama

Diagnosis perdarahan trimester pertama umumnya memerlukan pemeriksaan fisik, tes darah, atau tes infeksi menular seksual. Tes darah berulang dapat membantu memantau perubahan kadar hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yang menentukan apakah kehamilan dapat dilakukan. Progesteron dan Rhfactor (protein pada permukaan sel darah merah) juga dapat diperiksa.

Ada sejumlah alasan mengapa orang mengalami pendarahan selama trimester pertama, menurut para ahli:

1. Pendarahan Implantasi

Itu terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. Meskipun biasanya ringan, mungkin menyerupai bercak. Ini disertai mual dan sakit kepala dan dianggap sebagai bagian normal dari kehamilan.

2. Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik terjadi ketika pembuahan sel telur terjadi di luar rahim. Ini dapat menyebabkan komplikasi parah dan mengancam jiwa. Dalam kasus seperti itu, wanita tersebut mungkin mengalami pusing, kram, dan kelemahan.

3. Infeksi

Infeksi menular seksual dapat menyebabkan pendarahan saat hamil. Mendiagnosis infeksi mungkin memerlukan pemeriksaan fisik, usap vagina, usap serviks, tes urine atau tes darah.

4. Keguguran

Ini didefinisikan sebagai keguguran yang terjadi sebelum minggu ke-20 kehamilan. Selain pendarahan, gejala keguguran termasuk kram yang kuat dan jaringan yang lewat.

Baca juga: 7 Penyebab Keluar Darah setelah Berhubungan Intim

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."