Sambut Ramadan 2023, Caca Tengker Ajak Anak Sulungnya Belajar Puasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Caca Tengker, mom influencer dan psikolog, ditemui dalam acara

Caca Tengker, mom influencer dan psikolog, ditemui dalam acara "The Launch of Dekoruma Ramadan Campaign: #EnaknyaAdaDekoruma Rayakan Kebersamaan Semakin Berkesan" di Kemang, Jakarta Selatan, pada Selasa, 14 Maret 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pemengaruh dan psikolog, Caca Tengker mengungkapkan di Ramadan tahun ini akan mengajak putrinya, Ansara Maisadipta Tamin atau akrab disapa Ansara belajar puasa. Ini merupakan kali pertama Ansara belajar puasa Ramadan.

"Di bulan puasa nanti, aku mau mengenalkan konsep puasa ke anak aku yang gede (sulung), yang usianya 4,5 tahun. Walaupun nanti dia banyak nawarnya, belajar dulu," kata Caca saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan, pada Selasa, 14 Maret 2023.

" 'Tapi ibu kalau mbak Sawa haus boleh minum, kan?' Enggak begitu konsepnya, tapi gapapa umur segitu diajarkan pelan-pelan," tukas ibu dua putri itu.

Caca juga mengatakan bahwa dia ingin membiasakan Ansara menjalani aktivitas-aktivitas di bulan Ramadan, seperti sahur, buka puasa, dan tarawih bersama.

"Tapi aku mau mulai mempersiapkan pengen ritual sahur bareng, buka puasa hari pertama bareng,  suasana lebaran, suasana Ramadan seperti apa, itu dulu yang dibangun sebelum langsung anak berpuasa dari Subuh sampai Magrib," tuturnya.

Makan dari itu, Caca pun memperhatikan betul variasi menu sahur dan buka puasa untuk keluarganya agar semakin semangat di Ramadan.

Menurut Caca, kebiasaan dan kebersamaan di momen puasa pertama menjadi kenangan manis untuknya. Dari kebiasaan tersebut, Caca menjelaskan secara perlahan konsep berpuasa dengan bercerita.

"Aku masih sulit mengajarkan konsep agama ke Ansara, karena masih terlalu abstrak untuk seumurnya, walaupun anaknya mudah mengerti. Ansara itu anaknya kritis banget, dia akan selau bertanya 'kenapa, kenapa, kenapa'. Ketika aku ga tahu jawabannya, aku akan bilang 'aku belum tahu jawabannya'. Sembari jadi kebiasaan dan dia belajar banyak, aku jelasin semampu aku juga," imbuh perempuan 33 tahun itu.

Baca juga: Cara Caca Tengker Membiasakan Kedua Putrinya Berbagi Mainan dengan Orang Lain

Membuat Lebih Nyaman Ruang ART

Selain mempersiapkan diri untuk mendampingi Ansara belajar puasa untuk pertama kali, Caca juga berencana mempercantik dan membuat lebih nyaman kamar dan ruang aktivitas asisten rumah tangga (ART). Caca mengaku keinginan itu sudah ada di tahun lalu, tapi belum terwujud karena sederet tugas lainnya.

Alasan Caca ingin melakukan hal tersebut karena sudah menganggap mereka keluarga sendiri dan merasa berutang budi. Dia tidak ingin hanya kamar dia sekeluarga dan ruangan lain di rumah yang dibuat lebih nyaman, ruang ART yang membantunya selama ini juga patut diperhatikan.

"Aku pengen banget menyamankan area ART karena mereka sudah mengorbankan waktu. Walaupun ini pekerjaan, harusnya kan mereka menghabiskan momen bersama keluarga di kampung, ini momen keluarganya sama aku," ujar istri Barry Tedja Tamin itu.

"Aku merasa berutang budi sama mereka. aku pengen banget menyamankan area mereka. itu cita-cita aku di Lebaran tahun ini," pungkas Caca Tengker.

Pilihan Editor: Caca Tengker Percayakan Urusan Dekorasi Rumah ke Suami: Aku Percaya Taste Mas Barry

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."