Bawa Anak saat Bekerja, Nadine Chandrawinata: Pentingnya Komunikasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kiri) Nadine Chandrawinata bersama putrinya, Nadi Djiwa Anggara. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

(dari kiri) Nadine Chandrawinata bersama putrinya, Nadi Djiwa Anggara. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Puteri Indonesia tahun 2005 sekaligus aktivis lingkungan, Nadine Chandrawinata mengaku kerap membawa putrinya yang baru berusia satu tahun, Nadi Djiwa Anggara saat bekerja, jika lokasinya ramah anak dan durasi kerja singkat. Pilihan tersebut juga salah satu cara menunjukkan apa yang dilakukan dia dan Dimas saat bekerja.

Nadine mengatakan selalu mengomunikasikan apa yang dia dan Dimas lakukan kepada Djiwa. Di mata mereka, Djiwa layaknya teman yang bisa diajak bicara.

"Kita kasih tahu 'ibu mau kerja', 'ibu mau ketemu teman', 'ibu di mobil lebih lama', dia dilibatkan dan selalu komunikasi," tutur Nadine dalam Ngopi Podcast bertajuk Women's High Tea Talks Women in Development di Instagram Live Tempodotco pada Jumat sore, 17 Maret 2023

Selain itu, tidak ingin kehilangan momen bersama Djiwa juga termasuk alasan Nadine membawanya saat bekerja. Seperti diketahui Nadine dan Dimas sepakat tidak memakai jasa pengasuh anak hingga saat ini. Mereka ingin mengasuh Djiwa bersama-sama dengan bantuan kedua orang tua.

"Aku logis aja, jika nanti pekerjaan sudah menganggu kebersamaan dengan Djiwa, baru memakai jasa pengasuh. Tapi hingga saat ini, masih bisa dilakukan secara bersamaan," katanya.  

Untuk saat ini, lanjut Nadine, Djiwa lebih sering dibawa dia saat bekerja ketimbang Dimas. Pertimbangannya usia Djiwa masih batita. Namun bukan berarti, Djiwa tak pernah menyambangi Dimas di lokasi syuting. Menurut Nadine, Djiwa pernah mendatangi lokasi syuting Dimas yang dipanggilnya Baba. Bukan cuma itu, Djiwa juga sudah terbiasa dengan suasana pemotretan seperti set lampu lengkap.

Baca juga: Perubahan Nadine Chandrawinata setelah menjadi Ibu: Djiwa Bikin Aku Lebih Teratur

Bekerja untuk Diri Sendiri

Bagi Nadine Chandrawinata, bekerja di luar rumah adalah suatu pilihan bagi siapa pun termasuk perempuan. Dia memilih bekerja untuk kepentingan pribadinya, yakni merasa aman atau secure.

"Aku bekerja untuk diriku sendiri, kalau dapat pendapatan itu bonus buat asuransi anak, bantu-bantu suami, buat tabungan. Karena kini sudah berkeluarga, aku bekerja sambil menjaga keluarga kecil aku," ungkapnya.

(dari kiri) Nadine Chandrawinata bersama putrinya, Nadi Djiwa Anggara. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Di awal Pandemi Covid-19 yang menerapkan sistem bekerja di rumah, Nadine pun tak berpangku tangan, mengingat kebanyakan pekerjaannya dilakukan di luar rumah. Selain memanfaatkan teknologi untuk bekerja, dia juga menjual aksesori-aksesori buatannya.

"Pandemi banyak mengajarkan hal-hal baru seperti bekerja lewat zoom atau webinar. Aku juga upcycle bikin kalung, gelang, lalu aku jualin sewaktu ga bisa bekerja di luar rumah. Mungkin harganya tidak mahal-mahal banget, tapi aku tenang dapat pendapatan, secure," ucap perempuan yang menikah dengan aktor Dimas Anggara pada 2018 silam itu.

Me Time ala Nadine Chandrawinata

Ketika sudah menjadi ibu, Nadine menyiasati waktu untuk diri sendiri atau me time kala Djiwa tidur. Biasanya dia melakukan kegiatan yang disenangi. Jika dulu suka melukis saat lajang, kini Nadine memilih membuat prakarya dari bahan-bahan tidak terpakai untuk diolah kembali. Sebisa mungkin dia mengurangi sampah yang bisa dialihfungsikan ke dalam bentuk lain.

"Prakarya masih aku lakukan seperti zaman kecil, aku ngumpulin barang-barang tak terpakai di rumah, aku buat frame dari tempelan kayu bekas, gantungan kunci lama jadi hiasan rumah. Itu me time aku," tukasnya.

Beberes rumah juga termasuk me time bagi bintang film Erau Kota Raja itu. Menyelam atau diving juga kegiatan yang disenanginya saat me time, tapi saat ini dia belum mau melakukan. Sebab Djiwa belum bisa dibawa bersama. Nadine memprioritaskan kegiatan yang bisa dilakukan bersama Djiwa atau berada di dekatnya.

Sebagai informasi, Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara menikah pada 5 Mei 2018. Setelah hampir empat tahun menikah, keduanya dikaruniai Djiwa pada 22 Februari 2022. Mereka umumkan kabar bahagia itu lewat akun Instagram masing-masing. 

Saksikan tayangan Women's High Tea Talks: Women in Development berikut:

Pilihan Editor: Nadine Chandrawinata Cerita Ayah jadi Pendorong Berkarier di Lingkungan: Kamu Harus Punya Tim

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."