7 Rutinitas Pagi yang Baik untuk Mengatasi Depresi, dari Sikat Gigi hingga Menulis Jurnal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang bisa terjadi karena berbagai pemicu. (Pexels/Ivan Samkov)

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang bisa terjadi karena berbagai pemicu. (Pexels/Ivan Samkov)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pagi hari adalah waktu paling positif dalam sehari dan juga waktu terbaik untuk membangun rutinitas sehat yang dapat membuat seseorang merasa lebih semangat. Khusus bagi Anda yang tengah berjuang mengatasi depresi, ada sejumlah rutinitas pagi yang baik disarankan psikolog.

Mengambil langkah-langkah kecil dan tidak membebani diri sendiri dengan tugas-tugas yang membosankan termasuk rutinitas pagi yang baik untuk mengatasi depresi. Memang ada hari-hari di mana tidak mampu mengumpulkan keberanian, bahkan untuk bangun dari tempat tidur. Akan tetapi, mengambil satu langkah dapat mendorong Anda untuk berjalan sedikit lebih banyak dan merasa lebih baik dari sebelumnya.

Misalnya, membereskan tempat tidur, menyikat gigi, atau melangkah keluar di balkon untuk menikmati sinar matahari dapat membantu mengatur kecepatan yang tepat untuk hari itu. Berbagai penelitian telah menunjukkan efektivitas rutinitas dan kebiasaan sehat.

Berikut rutinitas pagi yang baik untuk mengatasi depresi yang perlu kamu ketahui.

1. Sikat Gigi

Menyikat gigi tampaknya datang secara naluriah bagi mereka yang memiliki kesehatan mental yang baik. Tetapi bagi orang dengan depresi dan masalah kesehatan mental lainnya, ini bisa menjadi tugas yang membosankan mengingat mereka umumnya memiliki tingkat energi yang sangat rendah.

“Secara umum jika kita mengerti, depresi membawa seseorang ke tingkat di mana mereka merasa kehabisan energi. Jadi, bagi seseorang untuk mengatasi depresi, hal pertama yang perlu mereka lakukan adalah bangun dari tempat tidur dan masuk ke kebiasaan 'selangkah demi selangkah' yaitu pergi menyikat gigi," kata Shiya Sagar, psikolog onseling, salah satu pendiri, HopeQure, seperti dikutip dari laman Hindustan Times, pada Selasa, 14 Maret 2023.

2. Berjemur 

Sinar matahari dapat meningkatkan hormon bahagia dan dapat memberikan keajaiban bagi orang-orang dengan masalah kesehatan mental.

"Pergilah ke luar untuk berjemur di bawah sinar matahari untuk menurunkan tingkat melatonin yang juga akan membantu menjaga suasana hati mereka tetap tinggi untuk hari itu," kata Sagar.

3. Waktu Bangun Teratur

Memiliki rutinitas pagi yang teratur bisa menjadi cara yang bagus untuk menyiapkan diri Anda untuk hari yang sukses, terutama jika seseorang sedang menghadapi depresi.

"Menetapkan waktu bangun yang teratur dapat membantu menjaga jam biologis tubuh berjalan dengan lancar dan meningkatkan kualitas tidur, yang dapat memperbaiki gejala depresi," tutur Sagar.

Baca juga: 7 Hal yang Tak Boleh Diucapkan pada Orang Depresi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."