7 Hal yang Tak Boleh Diucapkan pada Orang Depresi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi depresi. Shutterstock

Ilustrasi depresi. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu belum pernah mengalami depresi, mencari tahu apa yang harus diucapkan kepada orang terdekat yang sedang berjuang bisa seperti ladang masalah. Di satu sisi kamu ingin memberikan dukungan, tapi kadang takut salah berkata-kata. Untuk kamu yang masih kebingungan, berikut ini sejumlah hal yang tak boleh diucapkan pada orang depresi menurut Shanna Dugan, pakar bicara di Connections Wellness Group.

1. “Aku hanya akan memberimu sedikit ruang”

Orang yang berjuang dengan depresi biasanya menyendiri dan mengalami tingkat kesepian dan isolasi yang tinggi, jelas Dugan. Bukan berarti hal terbaik yang harus kamu lakukan adalah membiarkan mereka sendirian.

"Dukungan sosial sulit diidentifikasi bagi mereka yang berjuang melawan depresi, dan mendengar bahwa seseorang ingin memisahkan diri sebagai akibat dari depresi yang dialaminya dapat membuat mereka merasa terpukul dan takut," jelas Dugan.

Jika kamu tidak yakin bagaimana cara mendukung seseorang yang sedang berjuang melawan depresi, jangan lari dari mereka. Duduklah bersama mereka, dengarkan mereka, dan tunjukkan bahwa mereka berarti bagi kamu.

Sebuah telepon atau pesan singkat untuk memberi tahu mereka bahwa kamu ada di sisi mereka dan ingin membantu dengan cara apa pun yang memungkinkan bisa membuat perubahan besar.

2. “Kamu tidak terlihat depresi”

Tidak seperti penyakit fisik tertentu, penyakit mental seperti depresi tidak memiliki “penampilan” seperti orang yang mengalami penyakit mental. Hanya karena seseorang tidak terlihat sedang berjuang, bukan berarti mereka tidak mengalami depresi.

"Sangat penting untuk diingat bahwa apa yang terlihat di luar tidak selalu sama dengan apa yang ada di dalam," Dugan mengingatkan.

Depresi bukanlah sesuatu yang bisa dilihat dan diidentifikasi secara kasat mata pada seseorang. Banyak orang yang berjuang melawan depresi menampilkan wajah yang puas dan bahagia untuk orang lain, agar tidak membebani orang-orang di sekitarnya atau mendapatkan perhatian yang tidak diinginkan.

Dugan memberi tahu bahwa pernyataan seperti "kamu tidak terlihat depresi" dapat menambah tingkat keparahan depresi bagi orang yang sedang mengalaminya. Cobalah untuk menghindari asumsi tentang seperti apa depresi itu.

Baca juga: Sempat Mengalami Depresi, Begini Cara Poppy Sovia Bangkit dan Menerima

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."