7 Rutinitas Pagi yang Baik untuk Mengatasi Depresi, dari Sikat Gigi hingga Menulis Jurnal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang bisa terjadi karena berbagai pemicu. (Pexels/Ivan Samkov)

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang bisa terjadi karena berbagai pemicu. (Pexels/Ivan Samkov)

IKLAN

4. Latihan Pernapasan

Sagar mengatakan meluangkan beberapa menit di pagi hari untuk melatih beberapa aktivitas pernapasan dasar atau mindfulness dapat membantu seseorang memfokuskan pikiran dan mengurangi perasaan cemas serta stres, dua faktor yang dapat memperburuk depresi.

5. Olahraga

"Olahraga (baik yang berat seperti angkat berat atau yang ringan seperti yoga) juga telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk depresi karena melepaskan hormon endorfin yang berfungsi untuk memperbaiki suasana hati Anda," jelas Sagar.

6. Sarapan Seimbang

Mengonsumsi sarapan yang seimbang setiap pagi juga dapat membantu mengatur gula darah dan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk melewati hari. Meluangkan beberapa saat setiap pagi untuk memikirkan tentang apa yang Anda syukuri dapat membantu memfokuskan kembali perhatian Anda dari pikiran negatif dan menimbulkan rasa puas, menurut Sagar.

7. Menulis Jurnal

"Akhirnya, mencatat pikiran-pikiran yang mengganggu di pagi hari dari malam hari dan menuruti afirmasi pagi seperti 'Saya layak', 'Saya mampu mengatasi tantangan' dan 'Saya ulet' juga terbukti membantu dalam mengatasi depresi," pungkas Sagar.

Pilihan Editor: 3 Cara Membantu Teman yang Depresi, Hadir tanpa Menghakimi

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."