10 Manfaat Pilates, Memperkuat Otot Inti hingga Memperbaiki Postur Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Wanita lakukan pilates. Shutterstock

Wanita lakukan pilates. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Olahraga pilates berfokus pada otot inti. Dari segi manfaat, pilates adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keseimbangan, postur tubuh, stabilitas sendi, hingga membangun otot-otot yang kuat dan bertenaga. Meskipun semua latihan kekuatan tersebut mungkin terdengar keras, pilates dilakukan dengan kombinasi latihan berat badan dan latihan resistensi yang lembut, sehingga sangat ramah bagi tubuh. Hal ini menjadikannya pilihan yang tepat bagi siapa pun yang baru pulih dari cedera atau yang ingin memperkuat otot mereka tanpa aktivitas yang berdampak tinggi. Yuk, kita simak manfaat pilates untuk kesehatan tubuh.

1. Memperkuat Otot Inti

Dari semua manfaat pilates, yang paling terkenal adalah fokus pada kekuatan inti. "Inti dan kemampuan tubuh untuk memindahkan beban dengan tepat saat bergerak secara fungsional adalah pusat dari semua yang kita lakukan," kata Olivia Suman, instruktur pilates klinis, seperti dikutip dari laman PopSugar, Sabtu, 11 Maret 2023.

Artinya, memiliki inti tubuh yang fungsional dan kuat memungkinkan kita melakukan gerakan memutar seluruh tubuh untuk menangkap piring yang jatuh, memukul bola golf, atau membungkuk dan menggendong anak kita.

Hal ini juga bermanfaat untuk latihan fisik kita. "Mempelajari cara mengaktifkan otot inti berarti Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari setiap latihan, tanpa membiarkan tubuh mengimbanginya," ujar Suman.

Ini juga berarti pilates adalah latihan pendamping yang luar biasa untuk olahraga angkat beban, tambah Amanda Blauer, pencipta aplikasi Amanda Blauer Pilates, karena otot inti yang kuat akan membuat tubuh terhindar dari cedera dan membantu mempertahankan bentuk tubuh yang baik, bahkan ketika menarik barbel yang berat.

2. Memperkuat Kekuatan Tubuh 

Sebagian besar gerakan pilates melatih beberapa kelompok otot sekaligus, sehingga Anda dapat membangun kekuatan di seluruh tubuh secara bersamaan; bahkan, penelitian menunjukkan bahwa pilates dapat meningkatkan daya tahan otot.

Manfaat pilates lainnya yang perlu diketahui adalah memanfaatkan dan memperkuat otot-otot penstabil yang lebih kecil dan jarang dilatih, tambah Ashlea McKee, instruktur pilates bersertifikat.

Untuk alasan itu, pilates telah terbukti secara signifikan meningkatkan pola gerakan fungsional bagi para pelari dan berpotensi membantu mengurangi cedera, kata Suman.

Meskipun pilates mungkin terfokus pada otot inti, namun akan merasakan panasnya di seluruh tubuh, terutama jika kita menggunakan reformer. "Pilates adalah latihan yang menantang untuk seluruh tubuh," kata Kristal dari @mypilatespurpose. "Saya suka mengatakan bahwa jika menurut kamu sebuah latihan itu mudah, kamu mungkin salah melakukannya."

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Sebagian besar dari kita menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, ponsel atau layar TV, yang dapat merusak postur tubuh.

"Pilates dapat membantu membalikkan kebiasaan postur tubuh yang buruk dengan memperkuat otot inti dan punggung bagian atas, menstabilkan bahu, dan membuka dada," kata McKee.

Penelitian telah menunjukkan bahwa memperkuat otot-otot batang tubuh dan membangun koneksi pikiran-tubuh (yang dikembangkan oleh pilates) dapat membantu memperbaiki postur tubuh. Selain memperkuat otot-otot tersebut, pilates sangat fokus pada bentuk dan keselarasan tubuh, yang sangat bagus untuk memperbaiki postur tubuh, kata Kristal.

Baca juga: 3 Gerakan Pilates untuk Mengencangkan Bokong

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."