Cara Membuat Keripik Kentang Sehat ala Ahli Gizi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi keripik kentang. Shutterstock

Ilustrasi keripik kentang. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Keripik kentang tinggi kalori dan rendah gizi dapat membuat seseorang gemuk jika dikonsumsi secara teratur. Mengingat biasanya digoreng dalam minyak yang tidak sehat, makan keripik kentang dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, tekanan darah, dan lain-lain. Namun, jika Anda pecinta keripik kentang dan mencari versi sehat dari camilan ini, berikut cara membuat keripik kentang sehat di rumah.

Anda bisa menggunakan sedikit minyak, sedikit garam, dan bumbu dapur untuk bumbu. Tapi ingat tetap makan secukupnya karena keripik kentang belum memiliki cukup serat dan gizi lainnya.

"Sebagai ahli gizi, saya selalu mencari pilihan yang lebih sehat untuk saya dan keluarga saya. Satu hal yang saya benci adalah barang-barang yang dikemas. Semua orang di rumah saya tahu bahwa jika ada sesuatu di dalam paket - saya tidak akan memakannya," kata ahli gizi, Sakshi Lalwani seperti dikutip dari Hindustan Times, pada Senin, 13 Maret 2023.

"Anak saya suka keripik, tapi yang tersedia di pasaran sangat tidak sehat karena mengandung banyak natrium, pengawet, dan lemak trans. Oleh karena itu, saya menemukan resep ini - begitu saya mencobanya, kami tidak pernah melihat kembali ke keripik kentang kemasan - rasanya lebih enak daripada yang dikemas. Dibuat dengan cinta, perhatian, dan tanpa bahan pengawet tambahan," sambungnya.

Resep Keripik Kentang Sehat

1. Cuci dan kupas kulit kentang dengan baik dan keringkan dengan handuk kertas atau kain.

2. Iris tipis kentang sesuai ukuran yang diinginkan. Anda bisa mengirisnya menjadi 1/16 inci karena semakin tipis akan semakin renyah.

3. Aduk kentang dengan sedikit minyak zaitun, cukup untuk memberikan efek mengkilap pada masing-masing, tidak perlu menggunakan banyak karena memanggang akan menyerap semuanya.

4. Lapisi irisan di atas loyang. Saat melapisi kentang, pastikan ada ruang di antaranya, sehingga panas memiliki banyak ruang untuk menutupi setiap keripik.

5. Panaskan oven selama 3 menit dengan suhu 200-220 derajat. Panggang selama 10 menit, lalu keluarkan dengan hati-hati dari oven, dan gunakan penjepit, balik masing-masing dan panggang selama 7–8 menit lagi. Pastikan untuk mengawasi karena kentang bisa dimasak dengan cepat.

6. Anda bisa membumbui kentang dengan garam dan merica sederhana atau menambahkan sedikit bubuk cabai atau oregano. Juga bisa memakannya dengan saus apa pun.

7. Keripik kentang panggang paling baik dimakan segera, tetapi dapat disimpan dalam wadah tertutup selama 1-2 minggu (pastikan untuk benar-benar dingin sebelum disimpan).

Baca juga: Cara Mencuci Kentang yang Tepat, Ada 3 Langkah dan Jangan Lupa Pakai Sikat Sayuran

Sementara itu, menurut Khushboo Jain Tibrewala, Pendiri The Health Pantry, ahli gizi dan pendidik diabetes, saat mencoba membuat keripik kentang sehat, Anda harus memeriksa kualitas minyak yang digunakan untuk menggoreng dan kendalikan penambahan garam.

"Jujur saja, tidak ada alternatif yang sehat terkait keripik kentang. Karena tekstur dan rasa keripik kentang dirancang untuk membuat ketagihan dan tidak ada varian sehat yang akan melakukannya," tuturnya.

Tibrewala pun membagikan cara membuat keripik kentang sehat versinya

1. Rendam irisan kentang dalam air asin ringan selama beberapa waktu.

2. Tiriskan dan keringkan dengan handuk dapur.

3. Tempatkan di nampan, olesi sedikit minyak pada irisan dan masak dalam microwave selama 3-4 menit, sampai berwarna keemasan.

4. Taburkan garam dan merica. Untuk mengurangi garam, tambahkan beberapa bumbu kering. Metode yang sama dapat digunakan untuk memanggang atau menggorengnya.

Tertarik membuat keripik kentang sehat di rumah, sahabat Cantika?

Pilihan Editor: Cara Merebus Kentang yang Tepat, Ada 6 Langkahnya

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."