Cara Mencuci Kentang yang Tepat, Ada 3 Langkah dan Jangan Lupa Pakai Sikat Sayuran

Ilustrasi kentang. Foto: Unsplash.com/Phil Hearing

kuliner

Cara Mencuci Kentang yang Tepat, Ada 3 Langkah dan Jangan Lupa Pakai Sikat Sayuran

Kamis, 24 November 2022 14:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Perlukah mencuci kentang? Jawabannya, iya. Karena kentang termasuk dalam daftar bahan makanan yang banyak mengandung pestisida. Jadi, sangat penting untuk menghilangkan residu berbahaya tersebut sebelum diolah. Selain itu, kentang adalah sayuran umbi-umbian, yang berarti ditanam di bawah tanah, jadi kemungkinan masih ada kotoran yang menempel saat dibeli. 

Penting juga untuk mencuci kentang dengan baik agar tidak mengurangi nilai gizi dan mengurangi kelezatan rasanya. Seperti apa langkah-langkahnya?

Berikut Cara Mencuci Kentang yang Tepat

1. Rendam kentang dalam air dingin untuk mengendurkan kotoran. Rendam selama 15 hingga 30 menit.

2. Angkat kentang dari air, dan gosok dengan sikat sayuran di bawah air dingin yang mengalir untuk menghilangkan kotoran.

3. Jika mengupas, lanjutkan dengan membuang kulit kentang dengan alat pengupas sayuran. Perlu diingat bahwa permukaan potongan kentang yang sudah dikupas atau dipotong rentan terhadap oksidasi, jadi sebaiknya simpan dalam air dingin jika belum ingin dimasak segera.

Karena jika dibiarkan begitu saja setelah dicuci, kentang yang sudah dicuci bersih bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri berbahaya yang bisa membuat kamu sakit. Selain itu, jika ingin mengatasi  tonjolan kecil yang mungkin termasuk kecambah untuk membiarkan yang seukuran tusukan jarum, tetapi singkirkan yang lebih besar, karena tidak aman untuk dikonsumsi. Cara terbaik untuk menghilangkan kecambah kentang adalah dengan memotongnya sebanyak mungkin sebelum kamu memulai proses memasak.

So, jangan lupa mencuci kentang sebelum diolah, Sahabat Cantika.

REAL SIMPLE

Baca juga: Ketahui Jumlah Kalori Kentang Rebus Menurut Dokter Gizi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika