Cara Merebus Kentang yang Tepat, Ada 6 Langkahnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kentang rebus. Mykingcook.com

Ilustrasi kentang rebus. Mykingcook.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sedang mencari cara merebus kentang? Anda berada di ulasan yang tepat. Salah satu cara yang perlu diingat adalah jangan samakan merebus kentang dengan pasta. Saat membuat makaroni dan keju, Anda biasanya menunggu sampai sepanci besar air mendidih, baru kemudian dimasukkan. Hal itu dilarang keras saat merebus kentang karena membuat kentang lembek dan bertepung. Lantas, seperti apa cara merebus kentang yang tepat? Simak di bawah ini.

1. Pilih Kentang Terbaik untuk Direbus

Secara umum, ada tiga kategori utama kentang, yakni bertepung, berlilin, dan serba guna. Kentang bertepung seperti ubi jalar Russet atau Jepang, yang bagian dalamnya lebih bertepung, memiliki kadar air rendah, dan mudah terurai saat dimasak. Ini ideal untuk menggoreng dan memanggang untuk menyiapkan hidangan seperti kentang goreng, kentang tumbuk, kentang panggang, atau gnocchi.

Jenis kedua adalah berlilin seperti new potato, red bliss, hingga fingerling. Kentang jenis ini umumnya rendah pati, tinggi kelembapan, memiliki daging lebih lembut dan kulit berlilin. Kentang berlilin juga cenderung mempertahankan bentuknya dengan lebih baik saat dimasak dan paling cocok untuk hidangan seperti gratin, pommes anna, sup, atau salad, di mana Anda ingin menjaga bentuknya tetap utuh dan tidak hancur saat disentuh atau digigit pertama.

Terakhir, kentang serba guna seperti Yukon Gold, kentang putih, dan biru (atau ungu). Ini bisa dipanggang, digoreng, direbus, hingga dihaluskan. Salah satu cara favorit memasak kentang ini menggunaakn penggorengan udara atau air fryer.

Dari ketiganya, kentang berlilin paling baik untuk direbus, karena kandungan pati yang rendah dan bagian dalam yang lembut membantunya mempertahankan bentuknya saat dimasak. Di sisi lain, kentang bertepung dapat dengan mudah menjadi terlalu matang atau tergenang air saat direbus. Jadi, jangan berharap kentang tersebut akan menjadi kentang tumbuk yang kaya dan lembut.

2. Mencuci Kentang

Setelah memilih kentang, mencuci kentang adalah tahapan selanjutnya. Mengingat kentang tumbuh di bawah tanah, biasanya kentang memiliki jejak debu, kotoran, dan kotoran saat Anda mengambilnya di toko. Jadi, mencucinya secara menyeluruh di bawah air dingin yang mengalir harus menjadi langkah nomor satu. Gunakan sikat sayur untuk melepaskan apa pun yang menempel di kentang.

Baca juga: Cara Mencuci Kentang yang Tepat, Ada 3 Langkah dan Jangan Lupa Pakai Sikat Sayuran

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."