Harapan Tina Toon untuk Kesempatan Perempuan Berkarier di Bidang Politik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Tina Toon. Instagram.com/@tinatoon101

Tina Toon. Instagram.com/@tinatoon101

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Walau sudah  berlalu beberapa hari, tetapi selebrasi dan refleksi Hari Perempuan Internasional masih terus terjadi.  Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Agustina Hermanto atau akrab disapa Tina Toon menyebutkan peringatan Hari Perempuan Internasional menjadi momen pengingat dan penguat untuk menjadikan wanita lebih berdaya.

"Hari Perempuan Internasional ini sebetulnya bukan selebrasi yang meriah saja ya, tapi sebagai pengingat bahwa perempuan bisa saling memberdayakan, mendukung, dan menguatkan satu sama lain," kata Tina Toon saat dihubungi Antara, Rabu, 8 Maret 2023. 

Lebih lanjut perempuan yang mulai aktif berkarier sebagai wakil rakyat sejak 2019 itu mengatakan saat ini kesetaraan akses serta terbukanya ruang bagi perempuan sudah lebih baik.

Ia mencontohkan untuk di bidang politik, setelah masa reformasi dihadirkan regulasi yang mengatur agar perempuan bisa menghadirkan representasinya di parlemen serta pemerintahan.

Hal itu dimulai dengan hadirnya UU nomor 12 tahun 2003 tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Regulasi itu diperkuat dalam UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang mendorong peran perempuan dalam politik melalui tindakan afirmatif sekurang-kurangnya 30 persen keterwakilan perempuan di partai politik, lembaga legislatif, maupun di lembaga penyelenggara pemilu.

"Saat ini di Indonesia terbukanya akses untuk perempuan berkarya itu sudah cukup baik, tidak cuma di tingkat pemerintah tapi juga di perusahaan-perusahaan termasuk swasta. Baik di bidang politik, ekonomi, budaya, bahkan sampai pendidikan," ujar Tina.

Dengan adanya momen khusus untuk memperingati Hari Internasional Tina Toon pun berharap agar akses-akses dan kesetaraan yang sudah ada bisa ditingkatkan dengan lebih baik lagi.

Ia mendorong agar para perempuan khususnya dari generasi muda bisa lebih ekspresif dan berdaya sehingga memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. "Saya harap perempuan muda khususnya di Indonesia bisa lebih sadar bahwa kita ini hebat dan kuat sehingga kita bisa lebih fokus dan berani untuk bisa mewujudkan apa yang kita mau," tutupnya.

Pilihan Editor: Tina Toon Jadi Caleg PDIP, Cantik Pakai Baju Merah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."