Ketahui Manfaat Gua Sha untuk Atasi Nyeri Kaki, Kata Ahli Tulang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi gua sha. Foto: Freepik.com

Ilustrasi gua sha. Foto: Freepik.com

IKLAN

Seberapa Sering Penggunaan Gua Sha untuk Atasi Nyeri Kaki

Meskipun tidak ada batasan waktu yang ditetapkan untuk seberapa sering menggunakan gua sha untuk kaki, dokter Ulery merekomendasikan untuk mendengarkan sinyal tubuh kita. Terlalu banyak tekanan dapat membuat kaki terasa sakit, dan bahkan dapat menyebabkan memar.

Menurut Ulery, hanya beberapa menit sehari saja sudah cukup untuk membantu meringankan nyeri kaki. Jika nyeri kaki terus-menerus terjadi, Ulery merekomendasikan untuk tetap melakukan sesi gua sha setiap hari untuk membantu memecah fasia yang membandel.

Yang Perlu Diingat Pijat Gua Sha untuk Kaki

1. Lebih sedikit, lebih baik

Berikan tekanan yang cukup untuk menargetkan otot, tetapi hati-hati. Sebab menggosok secara agresif dapat merusak kapiler di dekat permukaan kulit dan menyebabkan memar yang menyakitkan dan tidak sedap dipandang.

"Lebih sedikit lebih baik, tidak perlu menekan terlalu keras," kata Ulery. " Kamu hanya mencoba untuk menormalkan fungsi jaringan dengan nyaman," sambungnya.

2. Hindari area sensitif

Hindari penggunaan gua sha pada area kaki sensitif yang tidak memiliki bantalan yang cukup, seperti bagian atas jari-jari kaki dan kaki.

"Kamu benar-benar dapat merobek jaringan karena kamu memiliki permukaan keras di bawah jaringan yang tidak memiliki banyak lemak atau bantalan," kata Ulery, "Jadi, jika kamu akan melakukannya di atas tulang, kamu harus sangat berhati-hati."

Berhati-hatilah dengan trauma masa lalu, diagnosis medis, dan masalah kulit, kata Ulery. Memijat area yang bermasalah dapat memperburuk masalah yang sudah ada; jika ragu, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

Jangan pula menggunakan gua sha area di area kaki yang terdapat ruam, luka terbuka, dan yang pernah didiagnosis kanker, imbau dokter Ulery.

Pilihan Editor: 5 Bentuk Alas Kaki yang Berisiko untuk Kesehatan Kaki, Kata Ahli

WIDYA FITRIANINGSIH | WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."