Ketahui Manfaat Gua Sha untuk Atasi Nyeri Kaki, Kata Ahli Tulang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi gua sha. Foto: Freepik.com

Ilustrasi gua sha. Foto: Freepik.com

IKLAN

Cara Menggunakan Gua Sha untuk Atasi Nyeri Kaki

Ulery merekomendasikan penggunaan alat baja tahan karat yang ergonomis untuk gua sha tubuh dibandingkan batu giok. Baja tahan karat sangat tahan lama, mudah dibersihkan, mudah dipegang, meluncur dengan baik di area yang dilumasi, dan menjangkau area yang lebih luas.

Alat gua sha wajah cenderung lebih tipis dan memiliki ujung yang lembut dan membulat yang menyasar rahang. Meskipun bentuk ini sangat bagus untuk area kecil, alat gua sha dengan sisi yang lebih panjang dan sudut yang lebih runcing dapat menargetkan area tubuh dengan lebih baik. 

Seperti halnya gua sha wajah, Ulery merekomendasikan untuk melumasi kaki dengan benar sebelum mencoba gua sha. Melumasi kaki dengan minyak atau balsem akan membantu alat ini meluncur dengan mudah di atas kulit sehingga memudahkan proses penggosokan dengan lebih efisien.

"Jika menggunakan gua sha langsung pada kulit, hal itu dapat merusak [kulit]," kata Ulery. "Saya cenderung merekomendasikan sesuatu seperti minyak kelapa karena tidak menyerap ke dalam kulit dengan cepat. Kamu hanya ingin sesuatu yang dapat membantu menciptakan pelumasan pada jaringan."

Sebelum memulai, sebaiknya pastikan dulu dari mana asal nyeri kaki tersebut. Seringkali, kata Ulery, nyeri kaki dan nyeri tungkai bawah dapat terjadi bersamaan. Dengan menggunakan alat gua sha dan pelumas, gosoklah area yang sakit secara perlahan dan ikuti rasa sakit dari atas ke arah kaki bagian bawah. Perhatikan bagaimana otot terasa dan berbunyi selama perawatan gua sha; Ulery mengatakan bahwa fasia yang kencang akan memiliki tekstur yang renyah seperti velcro.

"Di mana pun kamu merasakan lebih banyak tekanan atau tekanan di bawah kulit, itu adalah indikator yang baik untuk mengetahui di mana kamu harus memijat," tutur Ulery.

Gua sha untuk tumit kaki

Menargetkan bagian bawah kaki dekat sendi metatarsophalangeal - alias buku-buku jari kaki kita dapat membantu memulihkan mobilitas dan meringankan gejala jempol kaki, kata Ulery.

Gua sha untuk plantar fasciitis

Menggosok hulu dari tumit ke bola kaki sepanjang plantar fascia dapat membantu memecah jaringan dan meredakan plantar fasciitis. Menarik jari-jari kaki ke arah diri sendiri dapat membantu mendapatkan sudut yang lebih baik untuk menyasar area ini, kata Ulery.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."