Agar Anak Tumbuh Sehat, Orang Tua Bisa Lakukan 5 Cara Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
 Ilustrasi bayi makan MPASI (pixabay.com)

Ilustrasi bayi makan MPASI (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak tumbuh sehat susah-susah gampang. Selain memperhatikan gizi makanan, menjaga kebersihan dan mendorong anak aktif bergerak juga termasuk cara agar anak tumbuh sehat. Dibutuhkan pula konsistensi dan komitmen tinggi para orang tua. Yuk, kita simak apa saja caranya.

1. Tetapkan Waktu Makan Utama

Meskipun rasa lapar dapat dipuaskan dengan camilan, penting bagi orang tua untuk menetapkan waktu makan untuk anak-anak mereka. Camilan anak sebaiknya dijadwalkan di antara waktu makan. Makan terlalu banyak pada waktu yang berdekatan dapat menyebabkan anak kehilangan nafsu makan atau menunggu terlalu lama untuk makan dapat menyebabkan anak makan berlebihan.

2. Prioritaskan Protein

Selama tahun-tahun awal, anak mengembangkan tulang dan otot. Oleh karena itu, disarankan untuk memasukkan makanan kaya protein ke dalam camilan mereka.

Protein juga membantu memuaskan rasa lapar untuk waktu yang lebih lama dibandingkan dengan camilan tinggi gula seperti cokelat. Misalnya, telur, keju, atau kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik yang akan memberi mereka energi yang mereka butuhkan sepanjang hari.

3. Perhatikan Rasa

Anak-anak mungkin lebih suka makan makanan manis daripada sayuran, sehingga mereka menolak pilihan makanan yang lebih sehat dan menjadi pemilih atau picky eater. Mengenalkan anak-anak pada rasa makanan baru secara berulang-ulang, dalam lingkungan sosial yang positif sedari dini akan meningkatkan kemauan anak untuk mencoba.

4. Atur Waktu Camilan 

Ngemil di dekat waktu makan dapat mengurangi keinginan anak untuk makan. Maka dari itu, pentingnya mengatur jarak makan utama dengan ngemil sekitar 2-3 jam.

Jarak makan tersebut juga bermanfaat menghilangkan gangguan (misalnya: bermain ponsel pintar). Sebab hal itu bisa membuat mereka tidak menyadari isyarat tubuh yang memengaruhi nafsu makan. Hal itu juga dapat membuat anak makan berlebihan saat mereka tumbuh dewasa atau tidak cukup makan.

Dasar-dasar kesehatan fisik dan mental seumur hidup diletakkan pada masa kanak-kanak. Membangun kebiasaan dan rutinitas yang sehat dapat membantu mendorong pertumbuhan yang optimal dan meningkatkan kesehatan anak secara keseluruhan.

5. Bermain di Luar Ruangan

Bermain di luar ruangan secara teratur bermanfaat bagi kesehatan, perkembangan sosial, dan perluasan kecintaan mereka terhadap alam. Oleh karena itu, meskipun anak  tidak suka bermain di luar, Anda dan suami jangan kehabisan akal. Cobalah mendaftar ke kelas olahraga baru, mengadakan acara luar ruangan yang menyenangkan, atau mengundang teman-temannya.

Pilihan Editor: 3 Alasan Mengapa Anak Termasuk Kelompok Rentan Terdampak Polusi Udara

WIDYA FITRIANINGSIH | TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."