4 Cara Mencuci Handuk agar Bersih dan Lembut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita mengelap wajah dengan handuk. Foto: Freepik.com

Ilustrasi wanita mengelap wajah dengan handuk. Foto: Freepik.com

IKLAN

Cara Membuat Handuk Lembut dan Halus Kembali

Jika handuk lembut dan halus menjadi kaku dan gatal, mungkin karena Anda menggunakan terlalu banyak deterjen saat mencucinya. Untungnya, Anda dapat mengembalikannya ke masa kejayaannya menggunakan beberapa metode, yang pertama melibatkan pengupasan cucian.

“Pengupasan cucian adalah proses menghilangkan penumpukan — residu dari pelembut, air sadah, dan mineral, serta kotoran, minyak, dan bakteri,” kata Diane Regalbuto, pemilik Betty Likes to Clean.

Cara melakukannya? Cukup rendam cucian Anda dalam air panas dan campuran soda kue, boraks, dan detergen. Lebih mudah lagi, Anda cukup mengurangi jumlah detergen yang Anda gunakan. Diperlukan tiga hingga empat kali pencucian untuk melihat perbedaannya, kata Richardson, tetapi cuci handuk dengan cuka untuk mempercepat prosesnya.

Ilustrasi handuk. Foto: Unsplash.com/Denny Müller

Cara Mengeringkan Handuk di Mesin Pengering

Mengeringkan handuk dengan benar adalah langkah selanjutnya untuk memastikannya tetap dalam kondisi prima. Richardson merekomendasikan untuk mengeringkan handuk dan mengeluarkannya dari pengering segera setelah kering — dan tidak lebih lama.

Dia mengatakan bahwa jika Anda meninggalkan handuk terlalu lama di pengering, itu dapat melemahkan serat dan menyebabkan robekan.

Perlu juga disebutkan bahwa waktu kering handuk bervariasi menurut bahannya. Handuk cepat kering yang terbuat dari bambu atau serat mikro, misalnya, akan membutuhkan lebih sedikit waktu di pengering daripada pilihan tinggi yang terbuat dari katun terry. Jika Anda tidak yakin berapa lama handuk Anda akan mengering, Richardson merekomendasikan untuk memantau waktu kering handuk mandi beberapa kali pertama mencucinya.

Terkait soal mengeringkan handuk, Richardson mengatakan menggunakan pengering lebih baik ketimbang digantung di jemuran jika Anda ingin mempertahankan kelembutannya. “Jika Anda menggantung [handuk] di tali jemuran atau menjemurnya, umumnya tidak terlalu tinggi karena tidak terkena jatuhan [pengering] untuk membangun loteng itu,” pungkasnya.

Pilihan Editor: Jarang Mencuci Handuk Picu Iritasi Kulit, Infeksi dan Jerawat

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."