Cara Mengeringkan Rambut dengan Handuk yang Benar, Menurut Penata Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita keringkan rambut dengan handuk. Foto : Freepik

Ilustrasi wanita keringkan rambut dengan handuk. Foto : Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMengeringkan rambut dengan handuk sangat populer karena manfaatnya bagi kesehatan rambut. Dan, ini ideal untuk orang yang selalu bepergian, menurut penata rambut dan ekstensi rambut asal Amerika Priscilla Valles. Penata rambut David Lopez juga mengamini pendapat Valles. Menurut dia, mengeringkan rambut dengan handuk aman untuk semua jenis rambut, dan handuk adalah pilihan terbaik untuk menghilangkan kelembapan berlebih.

Oke, mari kita telusuri manfaat dan cara mengeringkan rambut dengan handuk seperti para profesional.

Manfaat Mengeringkan Rambut dengan Handuk

Ada banyak manfaat mengeringkan rambut dengan handuk, dan yang paling nyata adalah tidak terlalu merusak dibandingkan metode lain karena tidak melibatkan panas.

Menghilangkan air dari rambut bermanfaat karena alasan penting lainnya, menurut Lopez. “Mengeringkan rambut dengan handuk menghilangkan kelembapan berlebih dari rambut Anda, hal ini sangat penting karena saat basah, rambut dalam kondisi sensitif,” ujarnya.

“Bagi orang yang memiliki rambut keriting, ada manfaat tambahan untuk menghilangkan kelembapan berlebih pada rambut setelah Anda mengaplikasikan produk,” tambah Valles.

Mengeringkan rambut dengan handuk juga mencegah rambut dari kerusakan akibat panas, mempercepat waktu pengeringan, dan mengurangi rambut kusut."

Cara Memilih Handuk yang Tepat

Menurut Valles, handuk apa pun yang dirancang untuk mengeringkan rambut itu bagus, terutama handuk mikrofiber.

"Handuk ini sangat menyerap dan lembut pada rambut," ujarnya

Lopez mendukung pendapat tersebut, dengan mengatakan, "Gunakan handuk mikrofiber. Teksturnya yang lembut sangat bagus karena tidak bereaksi dengan serat rambut Anda, sehingga akan meminimalkan rambut kusut dan mengeluarkan air secukupnya."

Namun, jika Anda tidak memiliki handuk mikrofiber, ikuti saran Lopez.

“Jika Anda tidak memiliki handuk mikrofiber, saya sarankan menggunakan kaus bekas karena cukup lembut dan dapat menghilangkan kelembapan dalam jumlah yang cukup,” ujarnya.

Cara Mengeringkan Rambut dengan Handuk

Tidak yakin bagaimana cara mengeringkan rambut Anda dengan handuk seperti seorang profesional? Berikut tipsnya menurut para pakar.

“Langkah pertama adalah memastikan rambut Anda terurai dengan benar saat mandi,” kata Lopez. "Setelah itu, ambillah rambutmu dan 'peras' airnya dengan lembut menggunakan handuk. Atau, kamu bisa meremasnya ."

Mengenai teknik mengeringkan handuk, Valles punya beberapa tips. “Saat mengeringkan rambut dengan handuk, lingkarkan tangan Anda di sekitar handuk, lalu dengan lembut memeras kelembapannya,” kata Valles.

Hindari gerakan tangan maju mundur secara kasar pada rambut dan kulit kepala karena hal itu dapat menyebabkan kerusakan dan mematahkan ujung rambut Anda yang bercabang.

Cara Merawat Rambut yang Dikeringkan Handuk

Rambut Anda memerlukan sedikit perhatian dan kasih sayang sebelum dan sesudah dikeringkan dengan handuk.

"Setelah keluar dari kamar mandi dan mengeringkan rambut dengan handuk untuk menghilangkan kelebihan air, semprotkan kondisioner tanpa bilas atau masker rambut perawatan," jelas Valles.

"Lalu, sisir produk dengan sisir bergigi jarang. Rambut Anda akan menyukai Anda karena membiarkan kelembapannya meresap."

Kesalahan Umum yang Perlu Dihindari Saat Mengeringkan Handuk

Jika Anda berencana mengeringkan rambut secara menyeluruh menggunakan metode handuk, ada beberapa kesalahan umum yang perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah membiarkan rambut terlalu lama di dalam handuk dan menggoyangkan handuk secara kasar ke seluruh rambut untuk mempercepat proses pengeringan.

"Kedua hal ITU dapat menyebabkan kerusakan, patah, dan rambut mengering," ujar Valles.

Jika Anda ingin mengistirahatkan rambut Anda dari alat-alat panas, Anda perlu mengeringkan rambut dengan handuk. Teknik sederhana ini—yang hanya membutuhkan handuk mikrofiber atau kaos katun lembut—membantu menghilangkan kelebihan air dari rambut, mengurangi rambut kusut, dan mengurangi kemungkinan kerusakan akibat panas. Yang terbaik dari semuanya, ini adalah metode yang cocok untuk semua jenis rambut.

Pilihan Editor: 5 Kesalahan saat Keramas yang Perlu Dihindari

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."