4 Cara Mencuci Handuk agar Bersih dan Lembut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita mengelap wajah dengan handuk. Foto: Freepik.com

Ilustrasi wanita mengelap wajah dengan handuk. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu kesalahan mencuci handuk adalah menggunakan lebih banyak deterjen dan aditif seperti pelembut kain. Menurut pakar binatu atau laundry, Patric Richardson hal tersebut tidak diperlukan. Sebab tidak hanya akan lebih berbahaya, tetapi juga bisa mempersingkat umurnya. Mengingat hal tersebut, Richardson dan pakar binatu lainnya berbagi cara mencuci handuk yang benar agar bersih dan lembut. 

4. Cara Mencuci Handuk yang Benar

1. Gunakan Lebih Sedikit Deterjen

Saat mencuci handuk atau apa pun, Anda hanya membutuhkan dua sendok makan deterjen per cucian. “Kedengarannya berlawanan dengan intuisi,” kata Richardson, seperti dilansir Well+Good, pada Senin 6 Maret 2023.

Sebab jika menggunakan deterjen banyak bisa membuat handuk berbau asam atau apak. Terlebih lagi, detergen yang berlebihan dapat membuat handuk menjadi lebih kotor, bukannya lebih bersih, dalam jangka panjang. Seperti yang dikatakan pakar binatu Hampr, Kate Hanks, hal itu menyebabkan penumpukan antara serat yang menahan kotoran dan bakteri.

2. Hindari Pelembut Kain dan Lembaran Pengering

"Hindari pelembut kain dan lembaran pengering seperti wabah," kata Richardson. Keduanya dapat meninggalkan residu yang memengaruhi daya serap handuk. Plus, residu itu dapat berkontribusi pada retensi bau dan meninggalkan Anda dengan handuk bau.

Sebagai pengganti bahan tambahan ini, pakar binatu merekomendasikan penggunaan cuka putih suling.

“[Ini] menghilangkan deterjen dan residu mineral serta pelembut kain konvensional,” kata salah satu pendiri Branch Basics, Marilee Nelson. Hanya setengah cangkir cuka dalam dispenser pelembut kain sudah cukup.

Ilustrasi handuk. Foto: Unsplash.com/ Rinku Shemar

3. Hindari Pemutih Klorin

Jika Anda ingin mendisinfeksi handuk Anda secara menyeluruh, jangan gunakan pemutih klorin, yang dapat menghitamkan handuk putih dan berwarna-warni. Sebagai gantinya, gunakan pemutih yang aman untuk warna atau pemutih oksigen, yang aman untuk digunakan pada kain tahan warna.

Richardson juga mengatakan bahwa soda kue dapat berfungsi untuk membersihkan dan mencerahkan handuk yang ternoda. Untuk menggunakannya, cukup tambahkan seperempat cangkir soda kue ke dalam tabung pencuci.

4. Cuci Handuk dengan Air Hangat pada Siklus 'Cuci Cepat'

Richardson menyarankan untuk mencuci handuk dengan air hangat (kecuali jika label perawatan menyebutkan untuk mencucinya dengan air dingin).

Jika Anda menggunakan mesin cuci, dia juga merekomendasikan untuk memilih siklus "cuci cepat" atau "cepat" 30 menit. Richardson memperingatkan bahwa jika Anda menyimpan handuk terlalu lama di mesin cuci, Anda berisiko memakainya sebelum waktunya. “Begitu bersih, mereka bersih. Tidak ada alasan untuk terus mengikisnya,” katanya.

Baca juga: 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."