Tak Selalu Membuat Rileks, Lilin Aromaterapi juga Bisa Timbulkan Masalah Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Lilin Aromaterapi.

Lilin Aromaterapi.

IKLAN

Tips aman gunakan lilin aromaterapi 

Bagi seseorang yang tetap ingin menyalakan lilin beraroma di rumah, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan agar kesehatan tetap terjaga, salah satunya meningkatkan aliran udara. "Apa pun jenis lilin yang Anda bakar, beberapa asap masih bisa dilepaskan ke udara. Jadi taruh lilin yang menyala di ruangan yang berventilasi baik," tutur Gopalratnam.

Buka jendela atau pintu untuk ventilasi. Jika Anda meletakkan lilin di kamar mandi maka nyalakan kipas angin. Tips lainnya yakni menempatkan lilin setidaknya sekitar 30 cm dari benda apa pun yang dapat terbakar. Sebaiknya keluarkan lilin dari kamar sebelum tidur.

Sebaiknya jangan meniup lilin untuk mematikan api karena dapat menghasilkan lebih banyak asap yang dapat membuang lebih banyak jelaga ke udara. "Gunakan snuffer untuk memadamkan api sebagai gantinya," ujar Gopalratnam.

Terakhir, waspadai gejala reaksi alergi atau iritasi pernapasan akibat menghirup asap lilin termasuk mata atau hidung gatal, hidung berair dan bersin. Jika tanda ini muncul, maka tinggalkan lilinnya.

Pilihan Editor: 5 Jenis Lilin Aromaterapi Ini Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."