5 Jenis Lilin Aromaterapi Ini Bisa Bantu Tidur Nyenyak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi lilin aromaterapi (pixabay.com)

Ilustrasi lilin aromaterapi (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lilin aromaterapi salah satu cara mengatasi sulit tidur. Dengan menghirup lilin aromaterapi tertentu bisa memicu respons relaksasi di otot Anda, sehingga memungkinkan proses tidur secara alami, jelas Michael Breus, pendiri The Sleep Doctor.

"Kami melihat lilin aromaterapi bisa membuat orang cenderung tertidur sedikit lebih cepat daripada biasanya," jelas Breus, seperti dikutip dari Well+Good.

Sebagai pelopor Power Down Hour, Breus menyarankan lilin aromaterapi dibakar 40 menit sebelum tidur.

Power Down Hour adalah praktik menyetel alarm satu jam sebelum lampu padam Jadi, waktu satu jam dibagi tiga sesi, yakni 20 menit pertama untuk menyelesaikan tugas penting apa pun, termasuk membalas pesan terakhir di aplikasi percakapan, 20 menit berikutnya untuk mengganti baju ataupun bersih-bersih diri, dan 20 menit terakhir untuk relaksasi.

“Aromaterapi dapat digunakan selama dua sesi terakhir. Anda dapat menyalakan lilin saat Anda bersiap-siap untuk tidur, lalu [tiup lilinnya] dan beralih ke diffuser sebelum tidur," ungkapnya.

Berikut lima jenis lilin aromaterapi yang bisa membantu Anda lebih rileks agar tidur nyenyak:

1. Lavender

Minyak esensial lavender memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan tidur, kata seorang ahli aromaterapi di New York City, Amy Gulper, pendiri sekolah aromaterapi pertama, mengatakan, "Anti-inflamasi, penghilang rasa sakit, dan penenang pada sistem saraf, lavender berbagi molekul yang membuat tubuh rileks dan menenangkan pikiran dari pemikiran yang terlalu aktif."

2. Mawar

"Mawar membantu membumikan dan memusatkan kamu sebelum tidur," kata Elizabeth Trattner, dokter Pengobatan Cina plus ahli minyak esensial selama lebih dari 30 tahun.

Mawar telah terbukti meningkatkan relaksasi dan membantu melawan kecemasan dengan mengurangi stimulasi simpatik, yaitu respons tubuh terhadap situasi stres dan berbahaya.

3. Ylang Ylang

Penelitian telah menunjukkan bahwa aroma ylang ylang (bunga harum asli Filipina) dapat membantu Anda rileks sebelum tidur. 

4. Chamomile

Sama seperti secangkir teh chamomile hangat sebelum tidur menenangkan tubuh, menghirup aroma minyak esensial chamomile bisa mengurangi stres dan kecemasan."Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan antispasmodik—jadi, sangat menenangkan dan menenangkan sistem saraf, terutama ketika emosi kita cenderung menekan usus kita," kata Galper. "Ini bagus untuk mengendurkan kekakuan otot yang disebabkan oleh ketegangan saraf."

5. Kayu

Kualitas kayu kemenyan yang bersahaja bisa membuat Anda lebih tenang sebelum tidur. "Kemenyan salah satu aroma terbaik untuk menenangkan pikiran, memperdalam, dan mengendurkan napas sehingga kita bisa tertidur dan tetap tertidur,” kata Galper.

JESSYCA GAZELLA  | WELL+GOOD 

Baca juga: Aroma Lavender Bisa Membuat Tidur Lebih Lelap dan Redakan Cemas

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."