Apakah Faktor Usia Berpengaruh pada Diet dan Berat Badan? Ini Faktanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi makanan diet. shutterstock.com

Ilustrasi makanan diet. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menua memang tidak dapat kita hindari, semua makhluk hidup pun turut mengalaminya. Menjadi tua adalah sebuah proses yang normal, dimana seseorang akan melewati fase kehidupan dari masa anak-anak, dewasa hingga tua. 

Saat usia kita sudah menginjak angka yang sudah tidak muda lagi, kita memang cenderung pesimis dan tidak percaya diri akan kenaikkan berat badan yang kita alami, kita pun menjadi putus asa dan berpikir sudah tidak ada harapan lagi untuk menurunkan berat badan dikarenakan sudah memasuki usia lanjut. Namun, apakah semua itu benar? Ini faktanya.

Menurut spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dokter Cut Hafiah menua baik laki-laki maupun perempuan, usia bukanlah faktor mempengaruhi penurunan berat badan. Biasanya, kita sering mendengar bahwa usia kita yang sudah menginjak angka 40 atau 50 tahun. Kita cenderung berpikir bahwa bisa atau tidak menurunkan berat badan mencapai angka yang menurut kita ideal.

Jawabannya, tentu saja bisa. Kita harus mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kondisi tubuh kita sehingga berat badan kita pun akan sesuai pula dengan target yang telah kita tetapkan, seperti 4 sampai 8 kilogram per bulan, tergantung dari tingkat konsistensi, dan pola makan yang telah diberikan, cocok atau tidaknya dengan tubuh kita, ungkap dokter sudah mempunyai pengalaman serta prestasi selama lebih dari 10 tahun dalam bidang kesehatan ini membagikan faktanya di SKYN Media Soiree, Rabu, 1 Maret 2023. 

Bukan Usia, Tetapi Faktor Hormonal

Usia bukanlah penghalang untuk menurunkan berat badan. Jika berat badanmu tidak kunjung menurun, bisa jadi cara yang digunakan untuk menurunkan berat badan salah dan tidak sesuai dengan kondisi tubuh kita. 

Jadi kesimpulannya, apakah seiring bertambahnya usia mempengaruhi kualitas efektivitas diet penurunan berat badan? Jawabannya adalah tidak, tetapi yang paling berpengaruh dalam efektivitas penurunan berat badan bagi perempuan adalah hormonal. Terutama saat menuju masa pre-menopause, karena hormon estrogen yang ada pada wanita sedang tinggi-tingginya dan jika kita tetap memaksakan diri untuk berdiet dengan cara yang tidak tepat, maka dapat menimbulkan masalah baru, yaitu stres. 

"Nah, jika kita sudah berkonsultasi dengan dokter kandungan dan sudah melewati masa pre-menopause dengan aman, seperti kita tidak akan mengalami menstruasi lagi, kondisi mood pun menjadi lebih stabil, berat badan pun akan kembali turun dengan lebih efektif "sama seperti anak gadis pada umumnya, bahkan," jelasnya.

Sekarang, sudah tahu bukan, usia bukanlah penghalang untuk memulai diet dan mulai menjaga pola makan agar hidup menjadi lebih sehat!

Pilihan Editor: 6 Tips Pola Makan Sehat yang Bisa Kamu Coba, Berat Badan Turun jadi Bonus

WIDYA FITRIANINGSIH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."