6 Manfaat Sayur Bayam untuk Tubuh, Menyehatkan Usus hingga Mengelola Tekanan Darah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bayam. Pixabay.com/Aline Ponce

Ilustrasi bayam. Pixabay.com/Aline Ponce

IKLAN

5. Menjaga Kesehatan Usus

Menyehatkan usus adalah manfaat sayur bayam berikutnya yang perlu diketahui.

“Ada dua jenis serat: larut dan tidak larut,” jelas Geiger. “Bayam mengandung serat tidak larut, yaitu jenis serat yang tidak mudah dipecah [oleh tubuh].”

Ini membuat kotoran lebih mudah dikeluarkan dan mengurangi sembelit. Serat tidak larut juga dikaitkan dengan peningkatan rasa kenyang setelah makan, kata Geiger, jadi daun hijau ini dapat membantu Anda kenyang dan kenyang lebih lama.

6. Membantu Kesehatan Mata

Menurut Meshulam, bayam mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang terkait dengan vitamin A. Kedua gizi tersebut bekerja untuk melindungi mata Anda dari sinar matahari, sumber utama stres oksidatif (dan karenanya, kerusakan sel) di mata. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata yang berkaitan dengan usia, termasuk degenerasi makula dan katarak, menurut Meshulam.

Tapi perhatikan, lutein dan zeaxanthin adalah nutrisi yang larut dalam lemak, artinya mereka membutuhkan lemak agar bisa diserap tubuh, menurut Academy of Nutrition and Dietetics. Untuk mengoptimalkan kandungan antioksidan dalam sayur bayam, pertimbangkan untuk mengolah  bayam dengan minyak zaitun extra-virgin.

Pilihan Editor: 6 Khasiat Bayam Merah untuk Pencernaan hingga Atasi Anemia

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."