6 Khasiat Bayam Merah untuk Pencernaan hingga Atasi Anemia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bayam merah (sehatq.com)

Ilustrasi bayam merah (sehatq.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain bayam hijau, ada juga bayam merah yang punya manfaat banyak bagi kesehatan. Tumbuhan yang memiliki daun berwarna merah atau keunguan ini sering digunakan untuk pengganti bayam hijau yang biasa kita jumpai.

Bayam merah teruji secara klinis kaya akan serat dan zat besi. Selain itu, sayuran ini juga mengandung antioksidan yang kesemua kandungannya ini berguna bagi kesehatan manusia.

Banyak gizi yang terkandung dalam bayam merah, terutama vitamin C (60,33%), mangan (49,43%), zat besi (37,25%), Kalsium (27,60%), dan vitamin A (26,14%).

Sebuah penelitian bahkan mengungkap protein, kalsium, dan zat besi yang dikandung pada bayam merah lebih tinggi dari bayam hijau. Semakin tua bayam merah, kadar zat besinya juga semakin meningkat.

Berikut beberapa manfaat bayam merah bagi kesehatan yang dapat Anda rasakan.

1. Menyehatkan pencernaan

Kandungan bayam merah yang tinggi serat dapat menyehatkan saluran cerna, bahkan aman dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar. Selain itu, makanan berserat seperti bayam merah ini juga cocok dikonsumsi oleh Anda yang ingin menurunkan berat badan, menderita diabetes melitus, dan kolesterol darah tinggi.

2. Alternatif protein

Kandungan protein yang tinggi menjadikan manfaat daun bayam merah sebagai sumber protein nabati yang baik. Protein nabati cenderung rendah lemak dibanding protein dari daging hewan dan tidak mengandung kolesterol.

3. Mengatasi anemia

Bayam merah kaya akan zat besi yang mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan menyehatkan metabolisme tubuh secara keseluruhan. Selain itu, bayam merah juga mengandung vitamin C yang dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi di dalam tubuh.

4. Menguatkan sistem imun

Manfaat bayam merah ini datang dari kandungan vitamin C yang mampu mengatasi infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Vitamin C juga dapat menangkal radikal bebas di lingkungan yang kerap dihubungkan sebagai penyebab penuaan dini hingga penyakit kanker.

5. Mengatasi rambut rontok

Bayam merah mengandung lisin, asam amino yang dapat merangsang penyerapan energi dan kalsium lebih baik pada tubuh. Selain itu, lisin juga mampu mengatasi masalah rambut, seperti rambut rontok dan rambut memutih sebelum waktunya.

6. Mencegah osteoporosis

Manfaat bayam merah ini tidak aneh mengingat kalsium adalah salah satu komponen nutrisi paling banyak dalam bayam merah. Kalsium terbukti dapat mencegah datangnya berbagai penyakit tulang, salah satunya ialah osteoporosis. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."