6 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas, dari Kulit Kering hingga Dermatitis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

IKLAN

5. Tidak Cocok dengan Skincare 

Untuk pengelupasan kulit wajah yang membandel, pertimbangkan untuk mengecek kembali skincare yang kamu pakai. Menurut Dr. Batra, aroma dan warna yang ditambahkan pada skincare, seperti pembersih dan pelembap atau bahkan deterjen, dapat mengiritasi kulit.

"Menggunakan produk yang lembut dan hipoalergenik dapat mengurangi peradangan dan pengelupasan kulit," katanya.

Pilihan lain yang aman adalah perawatan yogurt karena merupakan sumber alami asam laktat, yang membantu pergantian sel. Cukup oleskan yogurt tawar dingin pada kulit kering selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Ini akan melembutkan dan menutrisi kulit sekaligus mengikis kekasarannya.

6. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak dapat menyebabkan peradangan pada kulit yang sering kali menyebabkan kulit wajah mengelupas ketika seseorang menemukan alergen di lingkungan mereka," kata Dr. Linkner.

Karena ruamnya terlihat sama, baik karena terkenan tanaman beracun saat mendaki atau menyemprotkan parfum baru, bisa jadi sulit untuk menentukan apakah pengelupasan kulit yang sedang kamu alami disebabkan oleh dermatitis kontak atau bukan.

Sebelum menyentuhnya dengan hal lain, temui dokter kulit terlebih dahulu. "Lebih sering daripada tidak, hal ini akan memerlukan resep steroid topikal dengan kekuatan resep untuk menyembuhkan serta menghindari alergen penyebabnya," pungkas Dr. Linkner.

Pilihan Editor: 5 Tips Memperbaiki Tekstur Kulit Wajah, Bisa Pakai Pisang, Lemon Hingga Minyak Zaitun

WIDYA FITRIANINGSIH | WOMEN'S HEALTH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."