6 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas, dari Kulit Kering hingga Dermatitis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

IKLAN

3. Eksim

Ketika pengelupasan kulit disertai dengan kulit merah dan gatal, kemungkinan kamu mengalami eksim. "Eksim disebabkan oleh kecenderungan genetik pada kulit yang tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri dengan baik karena tidak mampu memproduksi ceramide, atau lem yang menyatukan sel-sel kulit," kata Dr. Linkner.

Apa Pilihan terbaik untukmu? Kamu dapa mengobatinya dengan mengaplikasikan produk berbasis petrolatum yang benar-benar mampu melindungi kulit dari cuaca.

4. Psoriasis

Kondisi kulit lain yang dapat menyebabkan terjadinya kulit wajah mengelupas adalah psoriasis. "Kondisi ini memengaruhi tiga persen populasi dan ciri khasnya adalah plak keperakan yang memengaruhi siku dan lutut serta sangat gatal dan mengelupas," jelas Dr. Linkner.

Meskipun sulit untuk menentukan apakah kamu mengalami psoriasis atau hanya kulit yang sangat kering, namun ruam yang tidak kunjung membaik dengan pelembap biasa berarti perlu diperiksakan ke dokter kulit karena kamu mungkin memerlukan resep obat topikal atau terapi cahaya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."