Tips Ajari Anak Suka Memasak Sejak Dini ala Legenda Kuliner Sisca Soewitomo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Legenda Kuliner Indonesia Sisca Soewitomo dan Juara Master Chef Indonesia Season 2 Desi Trisnawati membagikan tips memasak sejak dini di acara Cookpad Appreciation Day, Kamis, 23 Februari 2023 di Jakarta/Foto

Legenda Kuliner Indonesia Sisca Soewitomo dan Juara Master Chef Indonesia Season 2 Desi Trisnawati membagikan tips memasak sejak dini di acara Cookpad Appreciation Day, Kamis, 23 Februari 2023 di Jakarta/Foto" Cantika.com/Widya Fitrianingsih

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Memasak memang merupakan kegiatan yang menyenangkan apalagi dilakukan untuk orang terkasih. Pada acara Cookpad Appreciation Day yang dilaksanakan pada Kamis 23 Februari 2023 Legenda Kuliner Indonesia Sisca Soewitomo dan Juara Master Chef Indonesia Season 2, Desi Trisnawati membagikan tips ajari anak suka memasak sejak dini.

Mengajari anak akan hal baru, terlebih lagi memasak memang merupakan hal yang sangat challenging bagi para Ibu di luar sana. Terutama jika anak lagi memasuki usia yang memang sedang penuh dinamika. 

Kendati demikian, Sisca Soewitomo memberikan beberapa tips untuk mengajarkan dan mengenalkan anak pada kegiatan memasak. Menurut Sisca, "Kita itu memasak untuk keluarga, biasanya anak itu akan mengikut dengan mamahnya kemanapun. Apalagi kalau mau masak, karena dia melihat mamahnya ini membuat sesuatu yang ia sukai dan semua keluarga suka," jelasnya. Nah, sang Ibu juga sebaiknya mengajarkan dan mengenalkan anak pada tata cara memasak."

Sisca memberi contoh untuk mempersiapkan ayam, sebaiknya anak mulai diajarkan pelan-pelan dari langkah satu, ke langkah berikutnya seperti; untuk mengolah ayam yang mentah menjadi sebuah masakan, kita harus membersihkan dan mencucinya terlebih dahulu, untuk mencegah munculnya bau amis, sebaiknya dikasih jeruk dan garam. Kemudian, didiamkan terlebih dahulu agar bau khas dari ayam mentah tersebut tidak tertinggal dan menjadi hidangan yang enak.

Sisca menjelaskan bahwa anak akan mampu menerapkan ilmu memasak jika para Ibu mengajarkannya sedari dini dan dengan cara yang perlahan-lahan. Karena memasak merupakan basic life skill untuk semua manusia.

Sisca juga menerangkan edukasi kepada anak perihal dengan membagi makanan, ia memberi contoh satu ekor ayam. "Caranya kamu potong bagi dua yang sama jumlahnya, nanti yang satu buat sahur. Kalo sahur kita udah ada yang lain (lauknya) nanti kita makan pas buka puasa, ya," jelasnya memberikan contoh. Ia juga menerangkan pentingnya komunikasi kepada anak dengan menarik, jangan mengintimidasi sang anak. Dengan begitu, anak pun akan bangga belajar masak dengan ibunya. "Masakan Ibuku enak pol," candanya.

Chef Desi pun turut menambahkan "Kalo dari sisi saya, ingat bahwa anak lebih melihat daripada mendengar dari apa yang kita katakan, karena anak adalah peniru yang handal," ungkapnya. Menurut pengalamannya, dengan apa yang ia lakukan, anak-anak melihat kemudian meniru.

"Jadi, untuk mengajari anak kita memasak sebetulnya sumber pertamanya adalah ibunya, dengan melihat ibunya memasak, muncullah keinginan sang anak untuk meniru apa yang ibunya lakukan, dan turut merasakan kedekatan ikatan antara Ibu dan anak."

Pilihan Editor: Kelebihan dan Kekurangan Memasak dengan Air Fryer

WIDYA FITRIANINGSIH  

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."