3 Fakta Seputar Jerawat Hormon yang Perlu Kamu Ketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memencet jerawat di dagu. Freepik.com/gpointstudio

Ilustrasi wanita memencet jerawat di dagu. Freepik.com/gpointstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menurut penelitian, sebanyak 50,9 persen perempuan berusia 20-an alami jerawat hormon. Begitu pula dengan perempuan usia 40-an, kemungkinan alami jerawat hormon sebesar 25 persen. Pria juga dapat mengalami jerawat hormon, tetapi lebih sering terjadi pada wanita, terutama saat menginjak usia dewasa. Selain itu, apa lagi fakta seputar jerawat hormon? Yuk, kita belajar bersama di sini.

Penyebab Jerawat Hormon

Jerawat adalah kondisi kulit yang sangat kompleks. Ada beberapa faktor yang berkontribusi pada pembentukan jerawat. Pada dasarnya, sel-sel kulit yang lengket dan produksi sebum yang berlebih akan menggumpal dan menyumbat pori-pori, menjebak bakteri di bawahnya dan memicu peradangan. Proses ini dapat dipengaruhi oleh sejumlah besar kekuatan internal dan eksternal, seperti hormon, diet, stres, dan masih banyak lagi. Namun, pada dasarnya, produksi sebum yang berlebih adalah inti permasalahan dari penyebab timbulnya jerawat. Ketidakseimbangan hormon menjadi penyebab utama jerawat hormon.

Area Munculnya Jerawat Hormon

Umumnya, jerawat hormon akan muncul di dagu dan di sepanjang garis rahang, bahkan sering kali juga muncul di leher. Jerawat di punggung dan dada juga dapat dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon.

Beberapa jerawat dapat berupa pustula dan papula (jerawat yang meradang dengan kepala berwarna putih), sementara yang lain dapat berupa kista dan berada di bawah kulit.

"Jerawat kistik memiliki ukuran yang lebih dalam, lebih besar, dan dapat terjadi ketika bakteri, sebum, dan sel kulit mati terperangkap di bawah permukaan kulit dan dapat menyebabkan benjolan yang besar dan menyakitkan," jelas Kim Nichols, dokter kulit bersertifikat dan pendiri NicholsMD of Greenwich, seperti dilansir Mind Body Green, pada 20 Februari 2023.

Baca juga: Kenali Sebab Jerawat di Dalam Hidung dan Cara Mengatasinya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."