3 Fakta Seputar Jerawat Hormon yang Perlu Kamu Ketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memencet jerawat di dagu. Freepik.com/gpointstudio

Ilustrasi wanita memencet jerawat di dagu. Freepik.com/gpointstudio

IKLAN

Faktor-faktor Jerawat Hormon Semakin Meradang

1. Mengabaikan Faktor Gaya Hidup

Meskipun gaya hidup tidak dapat sepenuhnya mengendalikan hormon, ada banyak cara untuk mendukung agar gaya hidup tetap sesuai porsinya. Penuhi jam tidur yang cukup, perhatikan apa saja makanan yang kamu makan, dan seberapa parah tingkat stres juga akan memengaruhi hormon kamu.

2. Memencet Jerawat 

Memencet jerawat adalah hal yang tidak boleh dilakukan, terutama jerawat yang meradang karena hormon. Jika kamu melakukan ini, kamu akan menghadapi risiko jaringan yang mengerut dan membekas, hiperpigmentasi, infeksi, dan bahkan jerawat yang sama akan kambuh lagi.

3. Mengobati Setiap Jerawat dengan Cara yang Sama

Cara mengobati jerawat yang berada pada bagian yang dalam versus komedo hitam dan komedo putih versus jerawat inflamasi sangatlah berbeda. Begitu pula dengan obat jerawat yang cocok dengan teman kamu, juga belum tentu sesuai dengan kulit kamu.

4. Menggunakan Bahan Penyumbat Pori-pori

Siapa pun yang memiliki kulit berjerawat harus lebih berhati-hati dengan produk yang mereka gunakan pada kulit. Jika kamu menggunakan bahan-bahan yang menyumbat pori-pori, jerawat akan terus muncul, tidak peduli berapa banyak perawatan pencegahan yang kamu gunakan. Periksalah daftar bahan dengan lengkap untuk produk perawatan kulit dan makeup yang kamu gunakan.

5. Tidak Ada Jeda Perawatan

Meskipun ada beberapa perawatan yang bagus di luar sana untuk mengatasi jerawat hormon membutuhkan waktu setidaknya beberapa bulan untuk melihat hasil yang signifikan. Mungkin akan membuat kamu frustrasi untuk menunggu selama itu, tapi ingatlah untuk memberikan jeda dari satu perawatan ke perawatan lainnya dalam kurun waktu beberapa bulan untuk bekerja secara optimal.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."