10 Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu dan bayi. Unsplash.com/Sharon Muccutcheon

Ilustrasi ibu dan bayi. Unsplash.com/Sharon Muccutcheon

IKLAN

7. Mengobati Ruam

Ruam cukup umum terjadi pada bayi baru lahir, dan Anda mungkin memperhatikan bahwa ruam memudar secepat kemunculannya. Namun, perlu untuk mengawasi mereka untuk melihat apakah ada perubahan, seperti benjolan dan kemerahan.

Jangan panik, jika Anda melihat ruam seperti jerawat, bekas gigitan kutu, atau kulit yang mengelupas pada kulit bayi Anda. Jaga agar area tetap bersih dan kering, dan tepuk-tepuk kulit dengan lembut menggunakan handuk bersih. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk ruam yang keras dan membandel yang mungkin Anda perhatikan.

8. Menjaga Bayi Tetap Terhidrasi

Hidrasi sangat penting untuk bayi dan orang dewasa. Air membantu mengatur suhu tubuh dan melawan infeksi. Hal ini juga penting untuk kesehatan kulit karena menyembuhkan dan memelihara organ tubuh kita. Mempertahankan hidrasi membuang semua racun tubuh, memberi bayi kulit yang segar. Juga menyusui atau memberi susu botol pada bayi Anda seperti yang diarahkan oleh dokter Anda penting agar bayi tetap terhidrasi dan bergizi.

9. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Salah satu cara merawat kulit bayi baru lahir adalah menghindarii sinar matahari langsung selama enam bulan pertama karena radiasi UV merusak kulit lembut mereka. Jika Anda keluar di siang hari, sebaiknya gunakan tabir surya yang ramah bayi dan coba gunakan penutup atau payung

10. Hindari Pakaian Ketat

Menghindari bayi memakai baju ketat adalah salah satu cara merawat kulit bayi baru lahir. Sebab pakaian ketat dapat mengiritasi kulit bayi, terutama jika bayi Anda memiliki kulit sensitif. Meskipun Anda mungkin berpikir sebaiknya mendandani bayi Anda dengan pakaian ketat untuk menghindari paparan dan angin, pakaian ketat dapat dengan mudah menyebabkan biang keringat akibat keringat. Pakaian untuk bayi harus longgar agar gerakannya tidak terbatas.

Pilihan Editor: 5 Larangan Bayi Baru Lahir saat Mandi, Termasuk Tidak Pakai Sabun

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."