16 Makanan dan Minuman untuk Pembangkit Mood

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan cokelat. Freepik.com/Kroshka__Nastya

Ilustrasi wanita makan cokelat. Freepik.com/Kroshka__Nastya

IKLAN

6. Kopi

Ilustrasi kopi panas. Foto: Unsplash.com/Rene Porter

Kafein juga terbukti secara ilmiah dapat membantu meningkatkan pelepasan neurotransmitter pembangkit mood seperti dopamin dan norepinefrin. Sebuah studi tahun 2018 terhadap 72 orang dewasa menemukan bahwa kopi berkafein dan tanpa kafein secara signifikan meningkatkan suasana hati orang, dibandingkan dengan minuman plasebo.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kopi mungkin memiliki senyawa lain yang juga memengaruhi suasana hati secara positif.

7. Kacang dan Lentil

Ilustrasi kacang-kacangan. Pixabay.com

Kacang-kacangan, polong-polongan, dan karbohidrat kompleks lainnya yang diserap secara perlahan oleh tubuh dapat mengurangi keinginan akan karbohidrat yang kurang sehat yang acapkali memicu lonjakan gula darah. Jika hal itu terjadi, kamu jadi mudah mengantuk.

Selain itu, kedua makanan tersebut juga merupakan sumber tryptophan yang baik. Zat tersebut digunakan tubuh untuk membuat serotonin, hormon yang berperan penting dalam memperbaiki suasana hati.

8. Karbohidrat

Ilustrasi jenis beras (merah, putih, hitam). shutterstock.com

Meskipun banyak orang-orang yang berkata bahwa karbohidrat merupakan hal negatif, karbohidrat juga bisa menjadi hal yang positif bila tidak dikonsumsi secara berlebihan. Karbohidrat juga memiliki efek yang kuat untuk mengeluarkan serotonin, zat kimia yang berada di otak yang memiliki pengaruh kuat terhadap emosi dan makanan, sehingga menciptakan sensasi yang menenangkan.

9. Biji Labu

Ilustrasi kuaci biji labu. Media.mercola.com

Biji labu atau yang juga dikenal sebagai pepitas ini mengandung magnesium yang tinggi. Sebuah studi tahun 2009 terhadap lebih dari 5.700 orang dewasa ditemukan bahwa mereka yang memiliki asupan magnesium rendah alami gejala depresi dan kecemasan, sedangkan mereka yang asupan magnesiumnya cukup cenderung tidak merasa cemas atau depresi.

10. Teh Hijau dan Teh Hitam

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

Menyeruput secangkir teh panas mungkin dapat memiliki efek memperbaiki suasana hati dengan sendirinya. Menurut Dr. Poonam Desai, L-theanine, asam amino, adalah salah satu zat terpenting dalam teh. L-theanine secara alami ditemukan dalam teh hijau dan hitam, dan telah dikaitkan dengan penurunan stres dan kecemasan, sehingga dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Baca juga: Cara Meningkatkan Mood dengan 5 Asupan Kaya Polifenol, Cokelat Hitam hingga Kopi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."