Robert Pattinson Pernah Diet Kentang, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Robert Pattinson menjadi aktor Hollywood terbaru yang dilaporkan positif mengidap virus Corona. Akibatnya, proses syuting film Batman terbaru terpaksa ditunda hingga Robert yang didapuk sebagai pemeran utama dalam film tersebut kembali pulih. REUTERS

Robert Pattinson menjadi aktor Hollywood terbaru yang dilaporkan positif mengidap virus Corona. Akibatnya, proses syuting film Batman terbaru terpaksa ditunda hingga Robert yang didapuk sebagai pemeran utama dalam film tersebut kembali pulih. REUTERS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktor asal Inggris, Robert Pattinson mengaku dirinya pernah menjalani diet dengan hanya mengonsumsi kentang rebus selama dua pekan sebagai bagian dari detoksifikasi penurunan berat badan.

Pattinson dalam wawancara surat kabar ES Magazine mengatakan dirinya bahkan telah mencoba berbagai jenis diet. Masalahnya hanya satu, dia tidak konsisten. “Saya pernah makan kentang selama dua minggu sebagai detoksifikasi. Hanya kentang rebus dan garam Himalaya. Rupanya, ini semacam detoksifikasi untuk menurunkan berat badan," kata Pattinson, mengutip Deadline yang disiarkan pada Sabtu, 21 Januari 2023. 

Aktor itu menambahkan dirinya juga pernah mencoba menjalani diet keto, bahkan hanya mengonsumsi keju dan makanan lainnya dengan yang disusun menggunakan konsep charcuterie.

Bintang film "Twilight" itu mengatakan dirinya tidak dapat menghindari tren diet, sambil menyadari tekanan yang kerap dihadapi aktor laki-laki di industri hiburan Hollywood yang mendewakan standar kecantikan tubuh tertentu.

Menurut Pattinson, tekanan untuk mempertahankan penampilan tertentu di dunia Hollywood seringkali terasa gila, bahkan dapat berbahaya jika seseorang sudah begitu obsesif terhadap perhitungan setiap asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Secara pribadi, Pattinson mengatakan dirinya tidak pernah menghadapi permasalahan tentang citra tubuh (body image). Meski begitu, dirinya juga memiliki resolusi di tahun 2023 dengan berusaha untuk konsisten menjalani diet.

Pattinson sendiri saat ini tengah terlibat dalam syuting film "Mickey 17" yang diarahkan oleh sutradara Korea Bong Joon Ho. Warner Bros telah menetapkan film ini untuk rilis pada 29 Maret 2024.

Diet Kentang Populer Sejak Lama

Ilustrasi mashed potato. shutterstock.com

Seperti yang pernah dicoba Pattinson, melansir laman Healthline, Senin, 23 Januari 2023,  diet kentang yang populer diklaim dapat membantu Anda menurunkan berat badan hingga satu pon (0,45 kg) per hari dengan hanya makan kentang biasa selama tiga sampai lima hari.

Konsep ini berasal dari tahun 1849 tetapi dipopulerkan kembali oleh Tim Steele, yang menerbitkan "Potato Hack: Weight Loss Simplified" pada tahun 2016. Dalam bukunya, Steele menyatakan bahwa kentang adalah "pil diet terbaik yang pernah ditemukan". Dia menuduh mereka memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, meningkatkan kesehatan usus, dan memberikan banyak nutrisi untuk membuat Anda tetap berenergi sambil menurunkan berat badan.

Selain Pattinson, contoh lain yang pernah mencobanya ialah adalah Penn Jillette, seorang pesulap yang menerbitkan “Presto!: Bagaimana Saya Membuat Lebih dari 100 Pound Menghilang.” Makanan Jillette hanya terdiri dari kentang biasa selama 2 minggu pertama, di mana berat badannya turun 18 pon (8 kg).

Meskipun banyak yang menyatakan bahwa diet tersebut telah membantu mereka menurunkan berat badan secara signifikan, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Bisakah Diet Kentang Membantu Anda Menurunkan Berat Badan?

Studi tentang diet kentang secara khusus tidak tersedia, tetapi ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan hanya karena kalorinya sangat rendah. Penelitian menunjukkan bahwa diet yang membatasi kalori kemungkinan besar menyebabkan penurunan berat badan - selama Anda dapat mematuhinya .

Meskipun 2–5 pon (0,9–2,3 kg) kentang setiap hari sepertinya banyak, jumlahnya hanya 530–1.300 kalori - jauh lebih sedikit daripada rata-rata asupan harian orang dewasa (3).

Menariknya, kentang mengandung senya penghambatan proteinase 2 yang dapat membantu mengurangi rasa lapar dengan memperlambat pencernaan. Meskipun diet kentang mungkin efektif untuk menurunkan berat badan jangka pendek, ini bukanlah solusi jangka panjang. Kentang memang berkhasiat, tetapi tidak mengandung semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk kesehatan yang optimal.

Diketahui diet sangat rendah kalori telah terbukti memperlambat metabolisme dan menurunkan massa otot. Selain itu, berat badan Anda cenderung naik kembali saat kembali ke pola makan biasa.

Baca: Kunci Kedekatan Zoe Kravitz dan Robert Pattinson di Film The Batman

ANTARA | HEALTHLINE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."