Alberta Ferretti Rilis Koleksi Sweater Kasmir Daur Ulang, Sebagian Penjualannya untuk Melindungi Gletser

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Koleksi kapsul edisi terbatas Alberta Ferretti bersama Skyway Monte Bianco untuk membantu membantu mendukung upaya melindungi gletser. Foto: Instagram/@albertaferretti

Koleksi kapsul edisi terbatas Alberta Ferretti bersama Skyway Monte Bianco untuk membantu membantu mendukung upaya melindungi gletser. Foto: Instagram/@albertaferretti

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Semakin banyak inisiatif dan kampanye yang dilakukan pelaku mode untuk menyuarakan pelestarian lingkungan. Yang terbaru, desainer asal Italia, Alberta Ferretti meluncurkan sebuah koleksi kapsul edisi terbatas untuk membantu mendukung upaya melindungi gletser. Di koleksi tersebut, Alberta Ferretti bekerja sama dengan Skyway Monte Bianco, kereta gantung yang menghubungkan kota Courmayeur, Italia, di wilayah Lembah Aosta dengan sisi selatan gunung.

Koleksi mencakup dua sweter yang dibuat dari kasmir daur ulang dan menampilkan pernyataan "Selamatkan Gletser". Tersedia dalam versi hitam atau putih, setiap rajutan dijual seharga 495 Euro di butik Alberta Ferretti dan toko daring.

Selain itu, sweter tersebut tersedia di rak-rak pengecer pilihan dan toko-toko Skyway Monte Bianco. Sebagian dari penjualan akan disumbangkan untuk mendukung proyek lingkungan yang ditujukan untuk menjaga gletser.

Untuk mempromosikan inisiatif tersebut, perusahaan ini telah merilis kampanye iklan khusus dan video yang menunjukkan puncak bersalju dan pemandangan gunung yang indah.

Alberta Ferretti telah mengembangkan koleksi kapsul ramah lingkungan sebelumnya. Pada tahun 2019, perempuan 72 tahun itu mempersembahkan kapsul Love Me yang sepenuhnya dari daur ulang kasmir, T-shirt, dan rok mini denim yang dikembangkan bersama Eco-Age dan Livia Firth. Rangkaian tersebut termasuk bagian dari koleksi resor 2020 mereknya, yang ditampilkan selama Monte Carlo Fashion Week. Pada kesempatan itu, sang desainer juga menerima Ethical and Sustainable Award dari Chambre Monégasque de la Mode.

Karier Alberta Ferretti di Industri Mode

Alberta Ferretti adalah desainer untuk merek senama Alberta Ferretti, dan mendesain untuk Philosophy di Alberta Ferretti hingga 2014. Ruang pamernya berada di Milan, Italia tetapi studionya berada di desa asalnya Cattolica, dekat Rimini, Italia.

Dia termasuk di antara sekelompok desainer Italia yang diundang ke resepsi untuk 200 desainer dan pengecer yang diadakan oleh Perdana Menteri Margaret Thatcher di 10 Downing Street, pada bulan Oktober 1988.

Pada tahun 1968, Alberta Ferretti membuka butik pertamanya, bernama Jolly, di Cattolica. Dia merancang koleksi pertama pada tahun 1973 dan ikut mendirikan Aeffe S.p.A., (produsen dan distributor pakaian yang diperdagangkan secara publik) pada tahun 1976.

Dia mulai menampilkan koleksi musiman di runway Milan pada tahun 1981. Dia meluncurkan Ferretti Jeans Philosophy pada tahun 1989, kemudian berganti nama menjadi Philosophy di Alberta Ferretti pada tahun 1994. Pada tahun 1994, dia merenovasi kastil abad ke-13 menjadi hotel Palazzo Viviani di Montegridolfo.

Pada bulan Oktober 1993 Ferretti mempersembahkan pakaian yang mengingatkan pada The Great Gatsby untuk pertunjukan busana siap pakai di Milan. Salah satu desainnya adalah gaun motif kotak yang panjang dan ramping, dengan warna biru pucat.

Desainer asal Italia, Alberta Ferretti. Foto: Instagram/@albertaferretti

Ferretti memperluas cakupan perusahaannya ke luar Italia dimulai dengan akuisisi sebuah gedung di 30 West 56th Street di New York, Amerika Serikat. Dia memulai Aeffe USA, yang memproduksi dan mendistribusikan pakaian oleh Moschino, Rifat Ozbek, Jean Paul Gaultier, dan Narcisco Rodriguez. Aeffe dimiliki oleh Ferretti dan kakaknya, Massimo, yang juga menjadi hub untuk memasarkan koleksinya sendiri.

Pada tahun 1998, dia membuka butik di dalam toko untuk menjual garis khasnya dan Philosophy di Alberta Ferretti di Bergdorf Goodman. Selanjutnya dia mendapatkan toko pertama di Amerika pertamanya di SoHo. Bisnis ini, dekat Prince Street, khusus untuk koleksi Philosophy-nya.

Ini adalah edisi garis tanda tangan Ferretti dengan harga lebih rendah, ditujukan untuk wanita yang lebih muda.

Berbeda dengan kebanyakan desainer, dia memulai butik untuk lini sekundernya sebelum membuka toko utama untuk koleksi andalannya. Gedung West Broadway Ferretti terletak di sebelah toko buku Rizzoli. Ini adalah townhouse arsitektur bergaya Federal yang dibangun pada akhir abad ke-19.

Itu direnovasi dengan bagian depan kaca tiga lantai dan skylight, sehingga interiornya dipenuhi dengan cahaya alami. Toko itu dirancang oleh arsitek Manhattan David Ling. Ini adalah toko putih bersih seluas 1.000 kaki persegi (93 m2). Ferretti menandatangani perjanjian lisensi dengan Procter & Gamble untuk lini wewangian pada tahun 2000.

Desain Khas Alberta Ferretti

Ferretti dikenal karena desainnya yang menampilkan teknik memutar, menyelipkan, dan mengalungkan. Gayanya menggunakan tampilan berlapis halus, kadang-kadang menunjukkan sedikit kasa manik-manik yang memanjang sedikit di bawah keliman gaun wol. Ada pula sentuhan seksi dari busana sifon dan jersey yang biasnya dipotong tinggi di bagian depan dan potongan terbuka di punggung.

Target pelanggannya adalah grup koktail. Secara khusus gaunnya adalah rok pesta, di atas lutut, dan dipercantik dengan mawar berlian imitasi dan surat berantai seperti baju besi.

Koleksi Feretti termasuk mantel gelembung berlipit, gaun mini dan rok seperti toga, dan sejumlah gaun berwarna hijau mint lembut dan warna putih. Gaun mini dan rok ditampilkan dengan model halus yang mengenakan flat gladiator metalik.

Pada Juli 2011 koleksinya dipresentasikan di peragaan busana The Brandery di Barcelona. Alberta Ferretti juga diketahui menerima America Award dari Italy-USA Foundation pada tahun 2018.

Baca juga: Fashion Berkelanjutan Benar-Benar Ramah Lingkungan? Ini Kata Greta Thunberg

ANTARA | DARI BERBAGAI SUMBER

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."