3 Penyebab Lapar setelah Yoga serta Makanan yang Direkomendasikan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi posisi keseimbangan tubuh atau yoga. Shutterstock

Ilustrasi posisi keseimbangan tubuh atau yoga. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda pernah merasa lapar setelah yoga? Jika iya, Anda tidak sendirian. Sejumlah orang juga merasakan hal yang sama. Ada beberapa penyebab lapar setelah yoga, menurut pakar nutrisi.

Sebenarnya, kelaparan adalah mekanisme yang kompleks. "Tingkat rasa lapar bervariasi berdasarkan lama dan intensitas latihan, apa yang Anda makan sebelumnya, seberapa banyak Anda makan sebelumnya, latihan Anda kemarin, dan lainnya," kata Sarah Schlichter, co-host dari Nail Your Nutrition. podcast dan CEO Bucket List Tummy.

"Lapar bisa sangat individual, tetapi Anda tidak boleh mengabaikannya, terutama setelah berolahraga ketika tubuh Anda dalam keadaan katabolik (kondisi kehilangan massa otot akibat tidak segera disediakannya sumber energi yang berasal dari karbohidrat)."

Berikut Tiga Penyebab Lapar setelah Yoga

1. Pose Yoga Membutuhkan Kalori

Anda mungkin menghabiskan lebih banyak energi di atas matras daripada yang Anda sadari. Hal itu bisa menjadi penyebab lapar setelah yoga.

“ Ingatlah 'tidak bergerak' tidak sama dengan menahan pose untuk jangka waktu tertentu, yang membuat otot dan persendian menjadi stres dan membutuhkan energi yang signifikan,” jelas Susan Bowerman, direktur senior pendidikan dan pelatihan nutrisi di seluruh dunia di Herbalife Nutrisi.

"Berkeringat bukan satu-satunya indikasi bahwa tubuh sedang bekerja keras atau membutuhkan bahan bakar, dan Anda mungkin berolahraga lebih keras dari yang Anda kira."

Dia menambahkan bahwa beberapa orang mungkin tidak ingin makan banyak (atau banyak protein) sebelum berolahraga, sehingga mereka akan merasa lapar sesudahnya karena tubuh mereka ingin mengisi bahan bakar.

2. Yoga Membantu Anda Lebih Selaras dengan Tubuh

Yang membedakan yoga dari bentuk latihan lainnya adalah bahwa ini adalah latihan pikiran-tubuh. Itu berarti, sebagian, membawa lebih banyak kesadaran tentang bagaimana perasaan Anda dan apa yang dibutuhkan tubuh Anda.

Faktanya, dibandingkan dengan sesi kardio yang intens atau latihan HIIT, di mana nafsu makan Anda mungkin ditekan karena pelepasan adrenalin dan hormon, Anda mungkin lebih selaras dengan rasa lapar setelah sesi yoga, kata Schlichter.

3. Merangsang Sistem Pencernaan

“Pose yoga yang lembut, seperti yoga restoratif atau yin, dapat meregangkan dan menstimulasi sistem pencernaan Anda, yang menggerakkan makanan melalui saluran pencernaan Anda dan memberi ruang untuk makanan Anda berikutnya,” kata Randi Sprintis, instruktur yoga Ashtanga.

Jadi, yoga yang bergerak lambat pun bisa membuat Anda merasa lapar. Saat tubuh Anda terasa lebih terjaga, sistem pencernaan Anda juga demikian.

Rekomendasi Makanan sebelum Yoga

Sesaat sebelum Anda pergi ke matras, Schlichter merekomendasikan untuk mengambil camilan kecil berbasis karbohidrat, seperti sepotong buah, kerupuk, selai kacang di atas roti bakar, atau segelas jus, untuk energi cepat. Jika Anda makan jauh sebelum kelas, tambahkan sedikit protein.

"Aturan praktis yang baik adalah mencoba makan setidaknya satu atau dua jam sebelum kelas, dan tetap memilih makanan yang mudah dicerna," saran Sprintis.

Rekomendasi Makanan setelah Yoga

“Setelah kelas yoga, Anda ingin mencari makanan yang dapat memulihkan energi, merehidrasi tubuh, dan membantu Anda merasa puas,” kata Sprintis.

Makan setelah berolahraga membantu tubuh Anda dalam lebih dari satu cara. “Kombinasi karbohidrat dan protein dapat membantu mengisi simpanan glikogen, meningkatkan gula darah, dan mencegah kerusakan otot, yang semuanya akan membantu tubuh Anda pulih lebih cepat untuk latihan di masa mendatang,” kata Schlichter.

Jika Anda tidak makan segera setelah kelas selesai, dia menyarankan untuk mengonsumsi sesuatu seperti smoothie, yogurt Yunani dengan buah, atau keju dan kerupuk sebagai camilan.

“Sementara camilan pasca-latihan mungkin tidak diperlukan untuk semua orang setelah latihan yoga, ketahuilah bahwa tidak adanya rasa lapar tidak selalu berarti Anda tidak boleh makan apa pun,” tambahnya.

Selain itu, Bowerman mencatat pentingnya hidrasi (yang juga dapat dibantu oleh beberapa makanan!).

“Yang paling penting adalah rehidrasi, karena banyak studio yoga cukup hangat dan Anda bisa kehilangan banyak cairan selama sesi, bahkan jika Anda minum air,” katanya. “Setelahnya, Anda bisa mengganti cairan dan karbohidrat dengan makanan seperti buah-buahan yang menyegarkan (terutama melon encer), sup, atau smoothie.”

Baca juga: Rutin Olahraga Yoga Bisa Mengasah Fokus dan Latih Kekuatan Otot

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."