Yoga Bantu Kita Mengenali Diri Sendiri dan Mengontrol Stres

Ilustrasi yoga. Oregonstate.edu

kesehatan

Yoga Bantu Kita Mengenali Diri Sendiri dan Mengontrol Stres

Minggu, 12 September 2021 11:30 WIB
Reporter : Antara Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktor sekaligus instruktur yoga, Anjasmara, membagikan beberapa manfaat baik dari olahraga yoga yang dijalaninya setelah mendalami olahraga ini lebih dari satu dekade lamanya.

"Pertama yoga itu membuat kita bisa semakin kenal sama tubuh kita sendiri. Karena kita mengenal tubuh kita, kita bisa mengontrol stres dan juga memiliki pernafasan yang lebih baik. Itu kan penting ya di masa sekarang yang terasa penuh tekanan," kata Anjasmara dalam sesi kelas yoga daringnya yang diselenggarakan oleh Bank DBS untuk merayakan Hari Pelanggan Nasional, Sabtu.

Bagi pemula Anjasmara menyarankan untuk mencoba yoga dengan berlatih seminggu tiga kali dalam durasi setiap latihannya dibatasi minimal satu jam. Namun, bagi yang sudah terbiasa ia menyarankan latihan yoga bisa semakin intens seperti lima kali dalam seminggu dengan durasi latihan mulai dari 30 menit hingga 2 jam.

Dengan semakin sering berlatih, maka pengenalan bagian- bagian tubuh semakin cepat bisa dicapai dan dirasakan manfaatnya.

Manfaat lainnya dengan mendalami olahraga yoga adalah kapasitas sistem pernapasan bisa lebih optimal. Anjasmara menyebutkan jika pada pernapasan normal manusia rata- rata hanya menggunakan 30 persen dari kapasitas paru-parunya, maka pada saat berlatih yoga seseorang bisa mencapai penggunaan sistem pernapasannya hingga 100 persen dan semaksimal mungkin.

Hal itu disebabkan karena yoga selain membutuhkan fokus menyeimbangkan diri juga membutuhkan teknik pernapasan yang terus dilatih.

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan dari segi kesehatan fisik adalah detak jantung menjadi lebih beraturan dan melancarkan peredaran darah di seluruh tubuh. Tentu hal itu dapat dicapai karena yoga benar-benar menggerakkan seluruh tubuh dan badan dari individu yang melakukan yoga.

Selain itu juga, tubuh menjadi lebih lentur dan fleksibel membuat sendi-sendi yang tadinya kaku dan sulit bergerak bisa mencapai potensi maksimalnya dalam bermanuver.

Suami dari aktris Dian Nitami itu pun menyebutkan dengan tubuh yang lebih fleksibel dan pernafasan yang lebih baik tentunya seseorang bisa menjadi lebih bahagia dalam menjalani hidup dan aktivitas sehari- hari. Yoga menurutnya bisa menjadi aktivitas olahraga bagi banyak orang karena bisa dilakukan dalam setiap kondisi tidak terbatas waktu dan ruang.

Misalnya pada pagi hari yoga bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri menjalani hari, sementara yoga yang dilakukan di sore atau malam hari bisa memberikan rasa rileks setelah tubuh melakukan kegiatan kerja setiap harinya.

Baca: Bukan Yoga atau Pilates, Ini Usaha Happy Salma Latih Pikiran Raga dan Jiwa