Hindari 7 Menu Sarapan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sosis. Foto: Unsplash/Louis Hansel

Ilustrasi sosis. Foto: Unsplash/Louis Hansel

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Demi menjaga kesehatan jantung jangka panjang, ada beberapa menu sarapan yang dihindari atau dibatasi. Meski terlihat lezat, beberapa makanan tersebut mengandung lemak jenuh dan tinggi gula yang bisa menganggu kerja jantung, menurut Kylene Bogden, ahli diet dan pendiri FWDfuel.

Berikut 7 menu sarapan yang dihindari untuk menjaga kesehatan jantung.

1. Bacon, Sosis, dan Ham

Pilihan daging ini mungkin membuat mulut Anda berair, tetapi ketika Anda memakannya secara konsisten dari waktu ke waktu, mereka juga dapat merusak jantung Anda.

Sebab makanan seperti bacon, sosis, dan ham sarat dengan lemak jenuh, kata Bogden. Terlalu banyak lemak jenuh dalam diet harian Anda dapat meningkatkan kolesterol LDL (jahat), sehingga meningkatkan risiko penyumbatan arteri dan penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis.

Contoh kasus: Meta-analisis Juli 2015 di ‌Public Health Nutrition‌ menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak daging merah dan olahan memiliki kemungkinan kematian yang lebih tinggi terkait masalah jantung (dan kanker).

Ilustrasi bacon. Foto: Unsplash/Michelle @Shelly Captures It

Plus, ketiga jenis olahan daging tersebut juga mengandung pengawet peradangan dan bahan kimia yang melimpah yang dapat mengganggu kesehatan dan kekebalan usus" kata Bogden.

Tapi jika Anda tidak bisa hidup tanpa bacon, Bogden sarankan batasi konsumsinya tak lebih dari dua.

Anda juga dapat memilih alternatif seperti sarapan "daging" nabati. Berhati-hatilah dengan pilihan Anda: "Meskipun beberapa merek memiliki lemak jenuh yang lebih rendah daripada daging sarapan rata-rata Anda, beberapa perusahaan menambahkan banyak bahan kimia dan pengawet [seperti natrium]," kata Bogden.

Dalam hal ini, akan lebih sehat untuk melepaskan makanan ultra-olahan dan hanya memilih daging tanpa lemak seperti kalkun, tambahnya.

2. Kue Manis

Makanan yang dipanggang seperti donat, muffin, dan croissant tidak baik untuk kesehatan jantung jangka panjang Anda. "Kue-kue adalah kombinasi tiga ancaman dari lemak jenuh, gula rafinasi, dan bahan kimia inflamasi/pewarna makanan, yang semuanya menyebabkan peradangan dalam tubuh," kata Bogden.

Ilustrasi croissant. Foto: Unsplash/Jocelyn Morales

Seiring waktu, peradangan kronis perlahan merusak arteri dan pembuluh darah kecil lainnya dan dapat menyebabkan penyakit jantung, katanya.

3. Sereal Manis dan Granola

Beberapa sereal dan granola dapat menyajikan gula sebanyak sepiring kue kering.

"Gula tambahan, terutama gula rafinasi, biasanya merupakan bahan utama dalam produk ini," kata Bogden. Masalahnya adalah gula bisa lebih meradang daripada lemak jenuh dalam hal kesehatan jantung.

Saat Anda mengonsumsi terlalu banyak gula, tubuh Anda melepaskan insulin, yang menyimpan kelebihannya di sel lemak Anda. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan dan resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko peradangan dan kondisi metabolisme tertentu, menurut Clinic Cleveland.

Ilustrasi semangkuk sereal dengan susu. Unsplash.com/Nyana Stoica

"Peradangan kronis selama bertahun-tahun terkait penyakit kardiovaskular seperti stroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung," kata Bogden.

Bila Anda tak bisa lepas dari granola atau sereal manis, pastikan untuk memilih varietas dengan tambahan gula kurang dari 4 gram per porsi. Lebih baik lagi jika itu memasok serat sehat jantung dalam jumlah padat (targetkan 5 gram).

Analisis di ‌BMC Medicine‌ pada Maret 2015 menemukan bahwa orang yang makan serat sereal paling banyak memiliki kemungkinan 19 persen lebih kecil untuk meninggal karena sebab apa pun, termasuk penyakit jantung.

Baca juga: 12 Makanan yang Baik untuk Jantung, Ada Sayuran Berdaun Hijau, Buh Beri, dan Bawang Putih

4. Yoghurt dengan Penambah Rasa

Tak hanya kue manis, gula tersembunyi juga terdapat dalam makanan sarapan yang tampaknya "sehat" seperti yoghurt dengan penambah rasa. Banyak jenis yoghurt dengan tambahan gula, kata Bogden. Itu sebagian besar karena produsen makanan menambahkan banyak bahan manis untuk meningkatkan rasa makanan kemasan.

Tapi semua gula yang tidak sehat untuk jantung Anda ini bertambah. Rata-rata orang Amerika mengonsumsi sekitar 17 sendok teh gula tambahan setiap hari (yang hampir tiga kali lipat dari yang direkomendasikan 6 sendok teh atau kurang per hari), menurut Clinic Cleveland.

Belum lagi, yogurt beraroma juga cenderung menyajikan pewarna makanan dalam dosis besar, kata Bogden. Meskipun pewarna buatan dapat membuat makanan Anda tampak lebih menarik, pewarna tersebut tidak menambah nilai gizi apa pun. Faktanya, penelitian pendahuluan telah menemukan bahwa pewarna juga berpotensi merusak kesehatan Anda.

Ilustrasi yoghurt, granola, dan raspberry. Foto: Unsplash/Alisha Hieb

Misalnya, tinjauan November 2013 di ‌International Journal of Occupational and Environmental Health‌ menemukan bahwa beberapa pewarna makanan dikaitkan dengan karsinogenisitas, genotoksisitas, dan hipersensitivitas pada hewan. Sementara lebih banyak penelitian diperlukan untuk menguatkan temuan ini pada manusia, membatasi asupan pewarna makanan mungkin merupakan strategi yang aman.

Sebaiknya Anda memilih yoghurt tanpa perasa apa pun dan rendah lemak. Yoghurt Yunani polos dan skyr, yang rendah lemak jenuh dan tinggi protein, merupakan pilihan yang sangat bagus.

5. Pancake

Panekuk atau pancake adalah menu sarapan yang populer, tetapi tidak selalu mempromosikan kesehatan jantung. Sebab pancake sering dibuat dengan karbohidrat olahan seperti tepung putih, yang telah dihilangkan nutrisi pentingnya. Karena karbohidrat olahan kekurangan serat yang cukup bisa meningkatkan gula darah sehingga memicu respons peradangan, menurut Clinic Cleveland.

Plus, pemakan panekuk cenderung menambahkan mentega tinggi lemak dan sirup manis.

Ilustrasi pancake dengan pugasan bluberry, raspberry, dan blackberry. Foto: Unsplash/Fa Barboza

Namun jika Anda mendambakan pancake, Anda tetap bisa menikmatinya ‌dan‌ menjaga kesehatan jantung Anda juga. Bagaimana caranya? Pilih merek yang dibuat dengan biji-bijian kaya serat dan tanpa tambahan gula, minyak inflamasi, dan natrium berlebihan, kata Bogden.

Kemudian tambahkan pugasan buah beri yang kaya antioksidan untuk manfaat kesehatan ekstra bagi jantung.

6. Hash Brown

Meski hash brown diklaim bergizi (kebanyakan terbuat dari kentang), tapi sering kali disiapkan dengan banyak bahan tidak bergizi yang menimbulkan masalah bagi jantung Anda. Misalnya, sering digoreng dengan minyak inflamasi atau mentega.

Ilustrasi hash brown. Foto: Pixabay/rConceptz

Acapkali juga disajikan dengan terlalu asin. Mengonsumsi makanan dengan garam berlebihan bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, yang dapat berkontribusi pada kondisi kesehatan kronis seperti penyakit jantung, menurut Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan Harvard T.H.

Agar mengonsumsi hash brown ramah jantung, tumis dengan sedikit minyak zaitun dengan sayuran kaya vitamin lainnya.

7. Produk Teh dan Kopi Instan

Minuman pagi Anda juga bisa menjadi "bom gula" yang merusak kesehatan jantung. Faktanya, minuman manis adalah pasokan utama gula tambahan dalam makanan Amerika, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Dalam produk teh dan kopi instan, masalah gula tambahan sering berupa sirup jagung fruktosa tinggi, kata Bogden. "Sering konsumsi sirup jagung fruktosa tinggi telah dikaitkan dengan penyakit jantung," katanya.

Ilustrasi kopi instan. Foto: Pixabay/Clayton Majona

Konsumsi minuman gula berlebihan juga dikaitkan dengan penambahan berat badan, obesitas, diabetes tipe 2, penyakit ginjal, penyakit hati non-alkohol, kerusakan gigi dan gigi berlubang dan asam urat, sejenis artritis inflamasi, menurut CDC.

Sebagai gantinya, konsumsi teh dan kopi (yang kaya akan antioksidan) tanpa gula yang dapat bermanfaat bagi jantung Anda. Ingin tambahan rasa? Coba tambahkan perasan lemon atau sejumput kayu manis.

Untuk menjaga kesehatan jantung, mari kita hindari atau batasi konsumsi menu sarapan di atas.

LIVE STRONG

Baca juga: Rekomendasi 5 Menu Sarapan saat Sakit, Bantu Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."