Demi Menjaga Kesehatan Jantung, Hindari Soda dan 3 Minuman Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minuman bersoda (Pixabay.com)

Ilustrasi minuman bersoda (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjaga kesehatan jantung tak cukup dengan rutin berolahraga, tidur cukup, hindari makanan berminyak, tapi juga perhatikan minuman yang dipilih. Beberapa minuman juga bisa memberikan masalah pada jantung karena meningkatkan tekanan darah.

Berikut empat minuman yang sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan masalah jantung, dikutip dari dari Eat This, Not That pada Kamis, 21 Oktober 2021.

1. Jus Buah Kemasan

Jus buah memiliki banyak manfaat seperti sebagai sumber vitamin dan antioksidan. Tapi lain ceritanya jika jus buah kemasan, sebab kemungkinan besar tidak mengandung serat seperti jus buah asli. Buah utuh menyediakan serat dan sterol yang membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi pelepasan insulin. Alangkah baiknya konsumsi jus buah asli, bukan jus buah kemasan.

2. Soda

Minuman soda memiliki 0 kalori karena gula yang terkandung tidak memberikan nilai gizi untuk tubuh. Efek jangka panjang karena sering minum soda adalah kenaikan berat badan dan menyebabkan tekanan darah tinggi serta diabetes. Efek langsung setelah minum soda adalah meninkatnya kadar insulin dalam tubuh dan mengarah kepada kolesterol yang tidak normal. Jika ingin soda, minumlah air soda biasa.

3. Alkohol

Alkohol meningkatkan tekanan darah dan risiko kelainan irama jantung. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, Anda harus benar-benar mengurangi asupan hingga maksimal satu gelas standar per hari. Untuk konteksnya, minuman standar setara dengan sekitar 5 ons anggur, 1,5 ons minuman beralkohol, atau 12 ons bir. Biasakan diri konsumsi air putih atau mineral untuk memperlancar peredaran darah.

4. Minuman Berenergi

Hampir sama dengan alkohol, Kafein dan stimulan lain yang ada dalam minuman energi meningkatkan tekanan darah dan risiko kelainan ritme jantung. Menjaga stamina agar tetap berenergi sepanjang hari adalah hal yang penting. Cobalah untuk olahraga seperti lari daripada konsumsi minuman energi.

Baca juga: Sering Tidak Disadari, Stres dan Merokok Bikin Risiko Penyakit Jantung Meningkat

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."