8 Manfaat Buah Zuriat, Baik untuk Pria dan Wanita

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Buah Zuriat (Sehatq.com)

Buah Zuriat (Sehatq.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak orang yang menjual buah zuriat di Instagram. Kebanyakan iklan tentang buah zuriat ini mempromosikan bahwa buah ini hanya mampu untuk membantu program hamil. Padahal manfaat buah zuriat ada banyak. Ada banyak manfaat buah zuriat untuk kesehatan. Buah zuriat memang kaya nutrisi. 

Penasaran apa saja manfaat buah zuriat? 

Berikut 8 manfaat buah zuriat, baik untuk pria dan juga wanita.

1. Mengurangi Risiko Diabetes

Khasiat buah zuriat adalah mampu mengurangi risiko penyakit diabetes karena dapat menjaga kadar gula dalam darah. Hal ini karena indeks glikemik buah zuriat cukup kecil sehingga aman untuk gula darah.  Tidak hanya itu, zuriat juga banyak mengandung senyawa aktif, salah satunya bersifat antidiabetes.  Jadi, ketika rutin mengkonsumsinya maka kamu akan memiliki kadar gula yang lebih stabil. 

2. Membantu Proses Program Kehamilan

Manfaat buah zuriat untuk program hamil adalah untuk meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Buah zuriat bersifat antioksidan tinggi yang bisa mencegah radikal bebas dalam tubuh. 

Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan pada sel termasuk pada sel-sel organ reproduksi. Jadi, ketika mengkonsumsi  buah dengan antioksidan tinggi seperti zuriat maka radikal bebas itu bisa dicegah dan diatasi sehingga kualitas kesuburan yaitu kualitas sperma, proses pematangan sel telur sampai proses pembuahan akan meningkat. 

3. Menjaga Kesehatan Vagina

Manfaat zuriat untuk miss v adalah untuk mencegah adanya keputihan yang tidak normal. Maksud keputihan yang tidak normal misalnya keluar cairannya lebih banyak dari yang biasanya dan bukan berwarna bening melainkan warna hijau, kuning atau kecoklatan.

Keputihan dapat menjadi salah satu faktor susah mendapatkan keturunan pada wanita karena. Cairan kental banyak dapat menutupi mulut rahim. Jika hal ini terjadi, maka sel sperma akan sulit untuk menembusnya dan pembuahan tidak akan terjadi. Keputihan juga bisa memberikan rasa yang tidak nyaman, sehingga vagina akan sering merasa gatal. 

Untuk itu, disarankan untuk mengkonsumsi zuriat secara rutin, agar dapat menjaga kesehatan vagina. Caranya adalah dengan meminum air rebusan buahnya yang bisa dicampur dengan madu. 

4. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya membantu masalah kesuburan, manfaat buah zuriat untuk wanita juga mampu untuk mencegah penuaan dini atau anti aging. Kandungan antioksidan yang ampuh untuk  menangkal pembentukan radikal bebas di dalam tubuh dapat menjaga kesehatan sel dari penuaan dini. Kulit pun dapat tampak awet muda dan bebas dari kerutan. 

5. Melindungi Kesehatan Ginjal

Manfaat buah zuriat untuk kesehatan juga bisa membantu untuk melindungi kesehatan ginjal agar dapat berfungsi dengan baik. Buah zuriatmemiliki kandungan mineral fosfor dan kalium yang cukup tinggi. 

Kedua mineral ini berperan penting dalam membantu ginjal dalam menyaring air. Selain itu, buah ini juga mampu mencegah terbentuknya batu ginjal atau masalah lain pada sistem saluran kemih.

6. Meningkatkan Kualitas Sperma

Khasiat buah zuriat untuk lelaki tentunya untuk meningkatkan kualitas sperma agar dapat memperlancar proses pembuahan. Karena banyak variasi antioksidannya mampu untuk mengoptimalkan keseimbangan hormon reproduksi yaitu kualitas sel sperma sehingga dapat meningkatkan kesuburan. 

Namun sampai saat ini penelitian tentang zuriat masih belum banyak dikaji sehingga sebaiknya tetap mengkonsultasikan hal ini kepada dokter yang lebih profesional dalam menangani masalah kesuburan.

7. Membantu Melancarkan Pencernaan

Kegunaan buah zuriat juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Hal ini karena terdapat kandungan serat yang tinggi di dalamnya yaitu hampir sekitar 22 persen. Jika sedang merasa sembelit atau susah buang air besar, baiknya untuk minum air rebusan buah ini ya, agar sembelit bisa cepat teratasi.

8. Menjaga Kekebalan Imun Tubuh

Buah zuriat manfaatnya juga baik untuk menjaga kekebalan imun dalam tubuh. Karena buah ini mengandung vitamin c  yang baik untuk tubuh. 

Selain itu zuriat dapat diolah menjadi makanan probiotik yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik. Bakteri ini kemudian akan membantu tubuh melawan bakteri jahat penyebab berbagai penyakit. 

Sampai saat ini belum ada efek samping dari zuriat untuk tubuh. Namun sebaiknya tetap mengkonsumsi buah ini tidak terlalu berlebihan dan jika tubuh justru mengeluarkan gejala seperti pusing atau mual karena mengkonsumsi buah ini, segera hentikan dan konsultasikan kepada dokter karena siapa tahu kamu memiliki alergi terhadap buah ini.

Baca: Selain Meningkatkan Kesuburan, Cek 4 Manfaat Buah Zuriat

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

LINTANG OLIVIA | SHAREHEALTY | FOKUSKIMIA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."