Selain Meningkatkan Kesuburan, Cek 4 Manfaat Buah Zuriat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Buah Zuriat (Sehatq.com)

Buah Zuriat (Sehatq.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah zuriat (Hyphaene thebaica L.) adalah jenis pohon palem asal Afrika yang tumbuh subur di sepanjang Sungai Nil di Mesir dan Sudan. Buah yang banyak dijual di Arab Saudi ini mengandung banyak karbohidrat dan serat. Selain itu, ia juga mengandung makronutrisi, seperti vitamin (terutama vitamin B) dan mineral (seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor).

Beberapa studi juga menyebut ekstrak buah zuriat memiliki kandungan fenol dan flavonoid yang tinggi. Kandungan tersebut menjadikan buah ini sebagai sumber antioksidan dan antibakteri yang baik. 

Dengan kandungan baik di atas, berikut beberapa manfaat buah zuriat untuk tubuh

1. Meningkatkan kesuburan

Salah satu manfaat buah zuriat yang paling terkenal adalah meningkatkan fertilitas atau kesuburan pada pria maupun wanita. Sebetulnya, belum ada penelitian yang khusus membahas hal ini, tapi salah satu cara meningkatkan kesuburan memang dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat antioksidan.

Salah satu kandungan paling tinggi dalam ekstrak buah zuriat adalah zat antioksidan yang dapat mengurangi efek buruk dari radikal bebas yang kemudian menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif inilah yang dapat mengakibatkan berbagai masalah sehingga mengurangi peluang Anda untuk hamil.

Sebaliknya, zat antioksidan dapat menangkal efek buruk dari radikal bebas ini. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan zat antioksidan seperti buah zuriat, kualitas sel telur pada wanita akan meningkat dan siklus menstruasi bakal lebih teratur.

2. Mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan

Kandungan lain yang banyak ditemukan pada buah zuriat adalah vitamin B, termasuk folat (vitamin B9). Folat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan, seperti kelainan tabung saraf dan spina bifida.

Selain itu, bagi Anda yang tengah menjalani program hamil juga disarankan mengonsumsi folat untuk mengurangi risiko di atas.

Selain mendapatkan sumber folat dari buah zuriat, baik ibu hamil maupun perempuan yang tengah jalani program hamil juga dianjurkan mendapatkannya dari suplemen asam folat.

3. Mencegah katarak dan migrain

Bentuk vitamin B lainnya yang banyak ditemukan pada buah zuriat adalah vitamin B2 alias riboflavin. Manfaat buah zuriat berdasarkan kandungannya yang satu ini adalah menurunkan risiko Anda terkena penyakit mata katarak dan mengurangi sakit kepala sebelah atau migrain. 

4. Menyehatkan jantung

Kadar kolesterol yang normal membuat lemak tidak menempel pada dinding arteri (pembuluh darah) jantung sehingga jantung Anda tetap sehat dan bisa bekerja secara optimal. Hal itu baik juga baik mencegah penyakit jantung koroner dan stroke. 

5. Menurunkan kolesterol

Kandungan antioksidan pada buah zuriat juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik. Zat antioksidan juga mampu menurunkan level trigliserida yang pada akahirnya akan menurunkan kadar kolesterol total Anda menjadi kurang dari 200 mg/dL.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."