Mengenal 3 Wasit Perempuan Piala Dunia 2022, Ada yang dari Rwanda hingga Jepang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Yoshimi Yamashita merupakan wasit sepak bola profesional yang berasal dari Jepang. Sebelum ditunjuk menjadi wasit Piala Dunia 2022, Yamashita pernah menjadi wasit perempuan pertama yang mengawasi pertandingan Liga Champions Asia pada April 2022. KYODO

Yoshimi Yamashita merupakan wasit sepak bola profesional yang berasal dari Jepang. Sebelum ditunjuk menjadi wasit Piala Dunia 2022, Yamashita pernah menjadi wasit perempuan pertama yang mengawasi pertandingan Liga Champions Asia pada April 2022. KYODO

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar mencetak sejumlah sejarah baru, termasuk wasit yang memimpin pertandingan bola. Untuk pertama kalinya, beberapa laga turnamen sepak bola paling bergengsi di seluruh dunia itu akan dipimpin oleh wasit perempuan. Tiga di antaranya bertindak sebagai wasit utama, dan tiga lainnya sebagai asisten wasit. 

Menurut Kepala Komite Wasit FIFA, Pierluigi Colinna, penunjukan ofisial perempuan ini mengacu pada kualitasnya sebagai wasit, alih-alih dari jenis kelamin. 

“Dengan cara ini, kami dengan jelas menekankan bahwa kualitaslah yang penting bagi kami dan itu bukan gender. Saya harap ke depannya, pemilihan ofisial pertandingan elite putri untuk kompetisi pria bisa dianggap sebagai sesuatu yang biasa dan tidak lagi sensasional,” ujarnya, pada pertengahan Mei silam.

Dilansir dari laman resmi FIFA, tiga nama wasit perempuan pertama yang pimpin laga Piala Dunia 2022 di antaranya Yoshimi Yamashita, Stephanie Frappart, dan Salima Muhansanga. Sementara tiga asisten wasit perempuannya, antara lain Neuza Back, Karen Diaz Medina, dan Kathryn Nesbitt.

Berikut profil singkat dari tiga perempuan yang menjadi wasit utama tersebut, seperti dirangkum dari berbagai sumber

1. Salima Mukansanga

Salima Mukansanga adalah wanita pertama dari negara asalnya Rwanda yang menjadi wasit Piala Dunia Wanita FIFA. Tak hanya itu, Salima juga merupakan perempuan pertama yang menjadi wasit di Piala Afrika, dan sekarang salah satu perempuan pertama yang menjadi wasit di Piala Dunia pria. Backpagepix

Salima Mukansanga adalah wanita pertama dari negara asalnya Rwanda yang menjadi wasit Piala Dunia Wanita FIFA, perempuan pertama yang menjadi wasit di Piala Afrika, dan sekarang salah satu perempuan pertama yang menjadi wasit di Piala Dunia pria.

Sebelum dipercaya sebagai wasit sepak bola profesional dan berlisensi FIFA, Mukansanga pernah terlibat dalam laga pertandingan sepak bola pria maupun wanita pada kasta bawah. Pada Piala Afrika Wanita 2016, melansir The Sun, dia terpilih untuk memimpin pertandingan final yang mempertemukan antara Kamerun dan Nigeria.

Dikutip dari media local Rwanda, New Timesperempuan yang saat ini berusia 34 tahun itu memiliki gelar Sarjana Keperawatan dari Universitas Gitwe di Provinsi Rwanda Selatan, tepatnya Distrik Ruhango.

2. Stephanie Frappart 

Wasit Stephanie Frappart dan pelatih Juventus Andrea Pirlo terlihat bersama usai pertandingan Liga Champions Grup G antara Juventus dengan Dynamo Kyiv di Stadion Allianz, Turin, Italia, Rabu 2 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Massimo Pinca

Stephani Frappart lahir di Val-d’Oise, Prancis, pada 14 Desember 1983. Sebelum memulai karier sebagai wasit sepak bola profesional, dia merupakan pesepak bola di usia remaja. Menginjak usia 18 tahun, Frappart berhenti menjadi pemain dan mulai menjajakan diri sebagai wasit sepak bola. 

Dari segi pengalaman memimpin pertandingan kelas dunia, Frappart diketahui pernah menjadi wasit pertandingan pria di kompetisi utama Prancis, Ligue 1. Ia juga pernah beberapa kali memimpin pertandingan sepak bola internasional, seperti Piala Super UEFA 2019 hingga Liga Champions Eropa.

Melansir Daily Mail, dia menjadi yang pertama dari sepasang wasit Prancis yang memenangkan tiga gelar Wasit Wanita Terbaik Dunia IFFHS berturut-turut antara 2019-2021. Dia juga dinobatkan sebagai perempuan pertama yang mengawasi pertandingan Ligue 1 dan Liga Champions Eropa. 

3. Yoshimi Yamashita 

Sebelumnya, Yoshimi Yamashita juga pernah memimpin Piala AFC pria. Pertandingan pria internasional pertama yang dia pimpin yakni laga AFC Cup antara Yangon United FC dari Myanmar vs Dragon World dari Kamboja. REUTERS

Yoshimi Yamashita lahir di Tokyo, Jepang pada 20 Februari 1986. Ajang kompetisi sepak bola paling bergengsi yang bakal dihelat di Qatar bukanlah tempat pertama di mana Yamashita akan membuat sejarah baru. Dia tercatat pernah menjadi wasit di Piala Dunia Wanita 2019 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Selain itu, melansir The Sun, Yamashita juga menjadi perempuan pertama yang menjadi wasit pada pertandingan sepak bola pria di kompetisi liga Jepang atau  J-League. Pun dirinya juga pernah memimpin laga pertandingan sepak bola tingkat Asia, yakni AFC Champions League. Memang, sepak terjang kemampuan Yamashita dalam memimpin pertandingan sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Terpilih sebagai wasit perempuan pertama di Piala Dunia, Yamashita mengaku merasakan adanya tekanan dan kegembiraan tersendiri. “Kita harus secara konsisten melihat wasit perempuan di lapangan untuk menormalkannya. Memang ada tekanan untuk mendapatkan kepercayaan semua orang dan mewujudkannya,” ujarnya kepada wartawan di Tokyo, dikutip dari Al Jazeera.  

HARIS SETYAWAN

Baca juga: Ini Alasan Zahra Muzdalifah Enggan Disebut Pesepak Bola Cantik

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."